7 Penyebab Hp Lemot dan Macet dan Solusi Termudahnya


Menggunakan hp Android, seperti sudah memiliki asisten pribadi. Pengguna bisa melakukan banyak hal hanya dalam satu genggaman. Namun ketika hp lemot, pengguna juga harus mencermati penyebab hp lemot dan macet yang dialami. Jika penyebab ini diketahui, maka solusinya akan mudah ditemukan:

1. Ruang Penyimpanan Penuh

Internal storage yang penuh menjadi penyebab hp lemot dan macet. Biasanya, hp Android akan memberikan notifikasi jika internal storage sudah hampir penuh. File aplikasi dan juga data dengan cepat membuat penuh jika tidak dikontrol.

Jika hal ini terjadi, pengguna bisa melakukan pembersihan data pada beberapa aplikasi. Jika tidak, pengguna hp Android juga bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan eksternal memori berupa microSD, atau OTG flash disk.

2. Sinyal Lemah

Beberapa lokasi yang memiliki sinyal jaringan yang lemah, juga bisa membuat hp lemot bahkan macet. Hal itu karena jaringan merupakan faktor penting untuk menjalankan bandwidth sehingga hp bisa bekerja. Maka gunakan provider yang sesuai dengan jaringan terkuat di daerah masing-masing.

Adakalanya kekuatan sinyal provider berbeda-beda di setiap tempat. Inilah yang menjadi risiko yang dihadapi jika sedang bepergian ke suatu daerah. Maka bagi para pebisnis dengan mobilitas tinggi, tak ada salahnya menyesuaikan provider yang digunakan di beberapa daerah yang berbeda.

3. Cache Menumpuk

Ketika menggunakan aplikasi, akan ada file sampah atau cache yang ikut tersimpan di memori. Jika tidak dibersihkan, cache ini akan menumpuk dan membuat memori penuh. Itulah sebabnya pengguna hp Android harus melakukan pembersihan cache atau junk file, agar hp kembali optimal bekerja.

Membersihkan cache ini bisa dilakukan dengan cara manual, yaitu melalui manager aplikasi di menu pengaturan. Namun, ada juga aplikasi pembersih cache yang bisa diunduh di Playstore, sehingga hp Android bersih kembali dan tidak lemot.

4. Penggunaan Wallpaper Bergerak

Menggunakan wallpaper bergerak memang terlihat lebih atraktif dan menarik. Namun, hal itu ternyata menjadi penyebab hp lemot dan macet. Apalagi jika wallpaper tersebut memang memiliki desain animasi yang berat. Maka ganti wallpaper yang dipakai kembali kepada bentuk standar. Dengan demikian hp pasti bisa berjalan normal kembali.

5. Virus atau Malware

Masalah lain yang mungkin muncul adalah hp sedang terkena virus atau malware. Keduanya bisa masuk ke hp melalui beberapa celah, misalnya penggunaan bluetooth atau akses internet. Hp yang terkena virus atau malware, biasanya ditandai dengan kinerja yang lemot dan mudah macet atau nge-lag.

Jika hal ini terjadi, maka segera lakukan pemindaian virus dengan antivirus yang bisa diunduh di Playstore. Selain itu, hindari mengakses situs yang tidak aman, karena hal tersebut berpotensi mendatangkan virus atau malware ke perangkat.

6. Banyak Aplikasi Dijalankan

Penyebab lain dari hp yang macet adalah banyak aplikasi yang berjalan bersamaan. Hp android memang memiliki kelebihan bisa membuka banyak aplikasi sekaligus. Namun, hal itu bukan tanpa akibat. Banyaknya aplikasi yang dijalankan bisa jadi sebab hp lemot bahkan macet. Pastikan menutup aplikasi, jika sudah tidak dipakai lagi.

7. Memori RAM Penuh

Hal ini terkait juga dengan penggunaan aplikasi yang terlalu banyak. RAM akan penuh jika mengunduh dan menggunakan banyak aplikasi. Maka sesuaikan kapasitas RAM dengan penggunaan aplikasi yang diunduh, untuk mencegah hp menjadi lemot dan macet.

Setelah mengetahui penyebab hp lemot dan macet, pengguna akan mendapatkan solusi yang baik. Itulah pentingnya memahami penyebab ini, yaitu agar setiap masalah akan terselesaikan secara sempurna.