Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Pilihan Cara agar Kamera Laptop Jernih saat Digunakan



Selama pandemi COVID-19, masyarakat sering menggunakan layanan meeting online. Untuk memakai fitur ini maka pengguna laptop harus mengaktifkan kamera di perangkat tersebut. Sayangnya seringkali kamera tidak optimal dan menghasilkan gambar yang kurang jernih. Berikut ini akan dibahas seperti apa cara agar kamera laptop jernih ketika digunakan dalam online meeting:

1. Bersihkan Kamera

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan bagian lensa kamera. Biasanya lensa kamera laptop tidak diperhatikan kebersihannya sehingga tampilannya tidak jernih. Belum lagi bagian kamera ini sering tersentuh tangan sehingga tertempel sidik jari. Agar bisa menangkap gambar dengan baik dan bersih maka bagian lensa ini harus dibersihkan terlebih dahulu.

Pembersihan lensa kamera laptop sangat mudah untuk dilakukan. Pengguna bisa memanfaatkan cairan pembersih lensa dan kain lembut. Hindari memakai tisu karena serat tisu bisa menimbulkan goresan pada permukaan lensa. Bersihkan secara hati-hati agar tidak memunculkan kerusakan pada lensa.

2. Pilih Posisi yang Tepat

Berikutnya, cobalah untuk memilih posisi yang tepat saat menggunakan kamera. Jika akan melakukan online meeting, maka usahakan untuk memilih posisi dengan pencahayaan yang cukup terang. Faktor pencahayaan ini sangat penting karena bisa berpengaruh pada tampilan gambar yang akan dihasilkan oleh kamera.

Bagaimana jika sulit untuk menemukan pencahayaan yang baik? Jika memang tidak ada sudut dengan cahaya yang optimal, maka pakailah alat bantu. Alat yang dimaksud bisa berupa ring light, lampu studio, juga berbagai jenis lampu lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk memberi cahaya optimal.

3. Pakai Aplikasi

Pilihan cara agar kamera laptop jernih berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi. Kamera ini merupakan sebuah fitur bawaan dari sebuah perangkat komputer atau laptop. Artinya spesifikasi kamera tidak akan bisa diubah-ubah. Jadi, untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus silakan pakai aplikasi tambahan.

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa membantu menjernihkan hasil gambar dari kamera laptop atau komputer. Contohnya seperti aplikasi Manycam dan Youcam. Cari saja aplikasi yang bisa meningkatkan kualitas gambar sehingga tampilan diri ketika melakukan online meeting akan semakin bagus.

4. Pakai Kamera Eksternal

JIka fitur kamera memang tidak bagus dan aplikasi tambahan tidak bisa membantu maka cobalah untuk memakai kamera eksternal. Kamera eksternal ini bisa digunakan jika ada bujet lebih untuk membelinya. Biasanya kamera eksternal punya resolusi yang tinggi dan bisa menghasilkan video dengan kualitas high definition. Sangat cocok dimiliki jika memang sering atau rutin melakukan online meeting.

Apabila belum ada bujet untuk membeli kamera eksternal maka gunakan saja kamera smartphone. Kamera smartphone juga biasanya punya resolusi yang lebih tinggi daripada kamera laptop. Agar kamera smartphone ini bisa terkoneksi dengan perangkat komputer maka pakailah aplikasi tambahan dan jangan lupa siapkan tripod juga.

5. Gunakan Background yang Tepat

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan hasil gambar atau video tidak bagus adalah background atau latar belakang. Cobalah untuk memilih background yang tepat dan cerah. Sangat disarankan untuk memakai background yang polos saja karena bisa membuat tangkapan kamera jadi lebih jelas. Jika tak ada background yang bagus maka bisa dipakai background buatan dari fitur kamera.

Itulah tadi beberapa cara agar kamera laptop jernih saat digunakan. Jika kualitas gambar bagus maka pengguna juga bisa menjalani online meeting dengan lancar. Selain itu rasa percaya diri juga akan meningkat karena tampilan diri di kamera terlihat memukau. Coba saja satu per satu cara tersebut dan temukan cara yang paling efektif untuk digunakan.