Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Mengembalikan Video Tiktok yang Terhapus Mudah Dilakukan


Media yang kerap digunakan untuk mengedit dan mengunggah video salah satunya adalah tiktok. Namun adakalanya, karena alasan tertentu video yang diunggah hilang karena terhapus tiba-tiba. Tidak perlu panik, karena cara mengembalikan video tiktok yang terhapus ternyata sangat mudah. Cukup ikuti langkah berikut untuk mengembalikannya:

1. Akses Aplikasi

Pada tahap awal, pemilik akun dapat melakukan cara mengembalikan video tiktok yang terhapus dengan masuk ke akun tiktok yang dimiliki. Pastikan masuk ke akun milik sendiri, menggunakan user dan kata kunci yang sudah terdaftar. Berikutnya, lanjutkan dengan mengakses halaman profil.

Pada halaman tersebut, lanjutkan dengan memilih “privacy and settings”. Berikutnya lanjutkan dengan melaporkan masalah yang dialami melalui “report problem”. Menu ini memang diperuntukkan bagi pemilik akun yang memiliki masalah dengan akun tiktok yang dimiliki, salah satunya ketika video terhapus.

2. Daftarkan Permasalahan

Pada menu “report problem” tersebut, akses menu “account issue” untuk langkah berikutnya. Ketika diklik, pemilik akun akan mendapatkan konfirmasi berupa permintaan alamat email yang dipakai saat membuka akun tiktok. Ketikkan alamat tersebut sesuai dengan akun yang dimiliki.

Selain itu, pemilik akun juga diharuskan mengisi permasalahan yang ingin diselesaikan. Dalam hal ini, pemilik akun bisa menuliskan masalah yang dihadapi terkait video yang terhapus tiba-tiba. Tuliskan dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

3. Kirim ke Tim Support

Hal terpenting yang harus dilakukan ketika menulis masalah adalah menjabarkan dengan jelas. Semakin jelas masalah yang dituliskan, semakin besar kemungkinan video-video akan kembali terpasang di tiktok.

Lanjutkan dengan klik “kirim”. Setelah itu, pemilik akun diharap menunggu respons yang akan dikirimkan melalui email oleh tim support tiktok. Email yang datang akan memerlukan waktu yang berlainan.

Maka lakukan pengecekan email secara berkala, apakah sudah ada email dari tim support tiktok yang masuk ke inbox. Pastikan email tanggapan yang nantinya diakses adalah dari tim support tiktok, bukan email data phishing.

4. Akses Tanggapan Email

Jika sudah menerima email terkait hal ini, cermati dulu email tersebut. Email yang resmi dari tim support akan dikirim dengan subject “video export” dan alamatnya adalah “noreply@mail.tiktok.com”. Jika bukan, sebaiknya hindari mengakses atau klik data apapun.

Di dalam badan email akan terdapat link yang bisa diakses untuk mengunduh video-video yang sudah terhapus. Tautan ini hanya akan berlaku tiga puluh hari sejak email dikirimkan. Itulah sebabnya, bagi yang bermasalah dengan akun tiktok-nya juga harus konsisten melakukan pengecekan email.

5. Unduh Video

cara mengembalikan video tiktok yang terhapus berikutnya adalah melakukan pengunduhan video melalui tautan tersebut. Untuk alasan privacy, sebaiknya tidak menyebarluaskan link yang didapat melalui email tersebut. Silakan buka file yang merupakan video-video yang terhapus tersebut.

Satu link berisi satu video. Maka jika video yang terhapus banyak, tentu akan ada banyak file sesuai jumlah video yang terhapus. Lakukan copy paste pada kolom download menggunakan “tab save”, yang merupakan ekstensi chrome.

Tab save ini bisa terlebih dahulu didownload jika belum ada. Proses mengunduh video juga tergantung dari banyaknya video yang diunduh. Semakin banyak tentu akan semakin lama. Pastikan semua video sudah terunduh sempurna.

Setelah mengetahui cara mengembalikan video tiktok yang terhapus, pemilik akun bisa mendapatkan kembali koleksi videonya di tiktok. Namun jika video di tiktok sengaja dihapus oleh pemiliknya, tentu saja tidak bisa dipulihkan kembali menggunakan cara dari tim support tiktok.