Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menambah RAM Hp Samsung Dengan Mudah


Pengguna ponsel pintar sering menghadapi masalah dengan kapasitas RAM yang menipis. Bukan hanya karena aktivitas penggunaan, namun spesifikasi RAM kecil juga tak jarang menghambat kerja. Namun kabar gembira bagi pemilik hp Samsung, karena ada cara menambah RAM hp Samsung yang bisa dilakukan dengan sangat mudah.

1. Menghapus Aplikasi Manual

Menambah kapasitas RAM identik dengan mengurangi beban kerja ruang simpan tersebut. Maka, cara menambah RAM hp Samsung yang termudah adalah dengan menguras aplikasi yang selama ini memenuhi RAM secara manual.

Pengguna bisa menutup aplikasi yang jarang digunakan, atau malah tidak pernah lagi diakses. Melakukannya pun sangat mudah, karena opsi ini di hp Samsung dapat dilakukan cepat melalui homescreen dengan menekan aplikasi dalam waktu lama.

Setelah beberapa saat, akan ada pilihan uninstall dan aplikasi bisa dihapus. Selain itu, pengguna hp Samsung juga bisa menghapus melalui menu pengaturan. Masuk ke menu aplikasi dan pilih mana saja yang hendak di-uninstall.

Jika tidak ingin menghapus aplikasi tersebut, pemilik hp bisa menutupnya dengan “force stop” agar aplikasi tidak terus berjalan. Dengan cara ini setidaknya RAM tidak terlalu penuh dengan cache dan data aplikasi.

2. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Ini merupakan cara menambah RAM hp Samsung yang kedua. Ponsel pintar ini selalu memiliki beberapa aplikasi yang terpasang sedari awal pembelian hp. Umumnya aplikasi pada hp Android yang tidak di-root ini tidak berguna, namun memerlukan ruang simpan di RAM.

Jika ada aplikasi semacam ini di hp, maka caranya adalah dengan terlebih dahulu masuk ke menu aplikasi di bagian pengaturan. Pilih yang  akan dinonaktifkan dan ketuk “disable app”. Dengan demikian aplikasi akan nonaktif.

3. Menghentikan Penggunaan Animasi

Beberapa animasi pada hp tentu saja membutuhkan tempat di RAM, selain tidak berguna. Maka dari itu, pengguna bisa melakukan pengaturan untuk tidak lagi menggunakan animasi pada hp-nya. Agar bisa menonaktifkan animasi, maka pengguna harus masuk sebagai developer.

Terlebih dahulu melalui menu setting, klik “tentang telepon”. Pada menu tersebut ketuk sekitar 7 kali nomor build hingga muncul notifikasi sebagai developer. Lanjutkan dengan masuk ke menu Drawing dan matikan pilihan window animation, transition animation, dan animator duration.

4. Menggunakan Smart Booster

Cara menambah RAM hp Samsung dengan bantuan aplikasi dapat dilakukan dengan Smart Booster. Pasang aplikasi ini di hp Samsung, lalu lakukan booster dengan mengetuk ikon roket. Dengan demikian aplikasi akan otomatis membersihkan RAM.

Pembersihan umumnya dilakukan pada saat ponsel menyala. Aplikasi ini juga memiliki fitur “Aggressive” yang akan membersihkan lebih maksimal. Jika ingin dibersihkan saat hp mati, maka aktifkan fitur “boost when screen off”.

5. Menggunakan SWAP File

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan SWAP File untuk membentuk virtual RAM. Langkahnya sangat mudah untuk diikuti oleh pemilik hp Samsung. Pertama, unduh dulu aplikasi gratis SWAP lalu akses aplikasinya.

Berikutnya, masukkan ukuran SWAP yang diinginkan sebagai virtual RAM, lalu ketuk “create”. Aplikasi ini akan membentuk virtual RAM setelah pengguna menonton iklan sampai habis dan mendapatkan koin, seketika setelah mengetuk tombol “create” tadi. Setelah iklan selesai, ketuk lagi “create SWAP” dan tekan “Yes” untuk melanjutkan.

Beberapa cara menambah RAM hp Samsung bisa dilakukan dengan mudah. Ada cara yang tak perlu lagi mengunduh aplikasi, ada juga cara yang mengharuskan pengguna men-download aplikasi. Namun keduanya efektif membantu pemilik hp Samsung untuk memperbesar kapasitas RAM.