Cara Membatasi Wifi Indihome Berdasarkan Modem yang Digunakan


Salah satu penyebab kuota cepat habis dan menjadi lemot adalah karena jumlah penggunanya yang banyak. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka pemilik modem Wifi bisa membatasi penggunanya secara langsung. Bagi yang penasaran dengan caranya, berikut adalah cara membatasi wifi Indihome berdasarkan modem yang digunakan:

1. Mengunjungi IP 192.168.1.1 Untuk Pengguna Indihome Fiberhome

Bagi pengguna Indihome Fiberhome, maka cara untuk membatasi pengguna modem adalah dengan mengunjungi admin panel IP 192.168.1.1 terlebih dahulu. Selanjutnya, masukkan username yang digunakan serta kata sandinya. Biasanya kata sandi yang digunakan adalah admin. Jika sudah berhasil log in masuklah ke bagian network dan pilih bagian WLAN Setting serta Wifi Control.

Nantinya akan muncul beberapa kolom SSID. Untuk membatasi jumlah pengguna Wifi, maka masukkan jumlah pengguna maksimal yang bisa terhubung pada Wifi pada kolom SSID 1. Kemudian klik Apply pada bagian bawah layar untuk menerapkan batasan tersebut. Setelah menekan tombol tersebut, nantinya Wifi hanya bisa digunakan oleh jumlah orang yang ditentukan.

2. Mengunjungi IP 192.168.100.1

Untuk pengguna Indihome dengan Modem Huawei HG8255H, jangan khawatir karena pemilik juga bisa mengatur jumlah pengguna Wifinya. Cara membatasi Wifi Indihome dengan modem ini hampir sama dengan cara diatas, hanya saja perlu membuka IP 192.168.100.1 terlebih dahulu. Selanjutnya, masukkan username serta password untuk bisa masuk ke bagian pengaturan. Untuk modem ini, username yang digunakan biasanya adalah root sedangkan kata sandinya adalah admin.

Apabila sudah masuk ke dalam bagian pengaturan pilihan menu WLAN dan WLAN Basic Configuration. Selanjutnya, tentukan SSID mana yang ingin dibatasi jumlah penggunanya. Jika sudah menentukan SSID yang mana, tinggal masukkan angkanya dalam kolom Number of Associated Devices. Jika sudah selesai, tinggal klik apply untuk menyimpan pengaturannya.

3. Membuka IP 192.168.1.1

Bagi yang menggunakan modem ZTE, cara membatasi Wifi Indihome dapat dilakukan dengan membuka 192.168.1.1 terlebih dahulu. Sama halnya dengan cara lain, untuk bisa mengatur jumlah penggunanya, pemilik harus bisa log in ke dalam panelnya terlebih dahulu. Jika sudah berhasil masuk, maka masuklah ke menu Network dan pengaturan SSID.

Pilihlah SSID 01 dan masukkan jumlah pengguna yang diperbolehkan untuk menggunakan wifi tersebut pada kolom maximum clients. Pemilik bisa membatasi jumlah pengguna dari 1-32 orang. Namun, jika ingin wifi tidak terlalu lemot, maka batasi jumlahnya dari 1-5 orang saja. Terakhir, jangan lupa menekan tombol apply untuk menyimpan pengaturannya.

4. Menggunakan Aplikasi NetCut

Jika ingin cara lain, yang simpel dan cepat, cobalah menggunakan aplikasi NetCut. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membatasi jumlah pengguna wifi untuk berbagai macam modem termasuk untuk Indihome. Bahkan dengan aplikasi ini, pemilik bisa memutuskan sambungan wifi yang terhubung ke perangkat lainnya.

Untuk bisa menggunakannya, pertama-tama unduh dan install aplikasi NetCut. Selanjutnya, buka dan lihatlah seluruh perangkat yang terhubung ke modem atau wifi. Untuk memutuskan koneksi wifi perangkat lain yang terhubung, tinggal geser tombol bulat ke arah kiri. Semakin diarahkan ke kiri, maka koneksi perangkat yang terhubung akan semakin lemot. Jika sudah mencapai kiri sepenuhnya, maka koneksi perangkat tersebut akan terputus.

5. Mengganti Password Wifi Secara Rutin

Cara lainnya untuk membatasi jumlah pengguna wifi adalah dengan mengubah kata sandi wifi secara rutin. Jadi ketika kata sandi sudah terbesar dan diketahui oleh banyak orang, maka segera gantilah dengan yang baru. Lakukan hal ini secara rutin atau setiap bulan, agar tidak sembarang orang bisa terhubung dengan wifi yang dimiliki.

Itulah beberapa cara membatasi wifi Indihome serta wifi lainnya yang bisa dicoba oleh para pemilik wifi. Dengan membatasi jumlah penggunanya, wifi akan kembali normal dan tidak lemot lagi.