Begini Petunjuk Cara Instagram Centang Biru beserta Syaratnya



Tanda centang biru pada sebuah akun Instagram menjadi tanda bahwa akun tersebut telah terverifikasi. Akun yang sudah mendapat verifikasi ini artinya memiliki popularitas yang tinggi di Instagram. Kali ini akan dibahas lengkap seperti apa cara Instagram centang biru serta apa saja syarat yang dibutuhkan.

Syarat Centang Biru

Pertama, mari bahas dulu syarat untuk mendapatkan centang biru. Tidak semua pengguna Instagram bisa memperoleh centang biru ini di akunnya. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh tanda centang biru:

1. Akun Autentik

Hanya akun yang autentik atau orisinal saja yang bisa memperoleh centang biru. Akun bodong yang berpura-pura menjadi orang lain jelas tidak akan bisa mendapatkan verifikasi atau centang biru. Jadi pastikan dulu akun yang akan didaftarkan memang orisinal dan autentik.

2. Memiliki Keunikan

Akun tersebut bisa mendapat verifikasi jika memiliki keunikan. Jika ada satu orang memiliki lebih dari satu akun maka hanya satu akun yang bisa diverifikasi. Instagram juga tidak akan memberi centang biru pada akun yang punya minat umum seperti akun meme.

3. Identitas Lengkap dan Jelas

Syarat berikutnya yang harus dipenuhi adalah identitas pemilik akun Instagram harus jelas. Hanya akun dengan identitas jelas yang bisa mendapatkan centang biru. Akun harus memiliki bio, foto profil, dan dibuka untuk publik. Jadi tidak ada proses verifikasi untuk akun bodong yang biasanya dibuat oleh orang iseng.

4. Akun Populer

Instagram umumnya akan melakukan verifikasi pada akun-akun milik orang terkenal atau populer. Akun orang-orang yang terkenal biasanya rawan untuk digandakan atau dipalsukan. Karena itulah Instagram akan mengutamakan akun-akun tersebut untuk diverifikasi.

Jadi pastikan dulu bahwa akun yang dimiliki sudah memenuhi syarat-syarat tersebut. Ingat, verifikasi atau centang biru ini tidak diberikan pada sembarang orang. Jika belum memenuhi syarat maka cobalah untuk terus melakukan upaya jika memang ingin mendapatkan centang biru.

Cara Dapat Centang Biru

Jika sudah memenuhi syarat dan memang layak diverifikasi, maka pemilik akun bisa langsung mengajukan verifikasi. Berikut ini adalah petunjuk cara Instagram centang biru yang bisa dilakukan:

1. Masuk ke Menu Pengaturan Instagram

Pengguna bisa langsung masuk ke akun Instagram yang akan diverifikasi. Setelah itu langsung klik menu Pengaturan yang sudah tersedia di sana. Begitu masuk ke menu Pengaturan, segera pilih opsi Akun.

2. Minta Verifikasi

Dalam menu Pengaturan Akun tersebut pengguna bisa menemukan menu minta verifikasi. Langsung klik saja opsi tersebut dan isikan identitas sesuai permintaan dari Instagram. Umumnya pengguna harus mengisikan data berupa nama lengkap dan kategori akun yang akan diverifikasi.

3. Unggah Kartu Identitas

Verifikasi ini merupakan sebuah proses resmi yang dilakukan oleh Instagram. Oleh sebab itu pengguna harus mematuhi aturan resminya dengan baik yakni mengunggah kartu identitas. Silakan unggah foto KTP agar proses verifikasi bisa berjalan cepat dan lancar.

4. Tunggu Proses Verifikasi Selesai

Jika sudah selesai meminta verifikasi, mengumpulkan data, dan mengunggah kartu identitas maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menunggu. Silakan tunggu proses verifikasi selesai. Instagram akan melakukan peninjauan dan setelah dinyatakan lolos maka pengguna akan menerima notifikasi dan akun langsung mendapatkan centang biru.

Itulah tadi syarat juga petunjuk cara Instagram centang biru. Jika sudah mendapatkan centang biru maka akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan dari Instagram. Verifikasi akun ini sangat dibutuhkan oleh para content creator Instagram demi meningkatkan popularitas dan engagement.