Cara Ganti DNS untuk Windows dan Android



Jika aktivitas kerja kerap menggunakan smartphone atau komputer, seharusnya sudah tidak asing dengan istilah DNS. Sistem ini merupakan penghubung antara URL dengan IP Address yang ada di perangkat. Hal itu berarti, DNS bisa diganti sendiri jika sedang trouble. Cara ganti dns pun ternyata sangat mudah, tergantung perangkat yang dipakai.

Cara Ganti DNS Sendiri

Beberapa DNS terkadang bekerja lambat, bahkan memblokir beberapa situs karena bawaan program DNS tersebut. Tentu saja, karena DNS berasal dari penyedia layanan internet yang digunakan. Jika tak ingin hal itu terjadi, maka pengguna bisa mengganti dns dengan berbagai cara mudah di perangkatnya.

1. Mengganti DNS PC atau laptop

Salah satu kemudahan yang dimiliki oleh PC atau laptop adalah penggunaan windows yang bisa memilih DNS sendiri. Hal ini berarti, pengguna bisa semakin fleksibel berganti DNS, manakala terjadi trouble seperti lambat bekerja, atau untuk mengakses situs yang terblokir. Ikuti cara berikut bagi pengguna Windows 10:

  • Masuk control panel. Langkah pertama adalah masuk ke control panel untuk mulai mengubah DNS.
  • View network. Pada menu tersebut, akses lagi menu view network status and tasks untuk melihat jaringan internet yang sedang terhubung, lalu pilih jaringan tersebut.
  • Klik Properties. Di bagian tersebut, klik properties agar bisa mengubah DNS-nya.
  • Klik IPV4. Pada jendela tersebut, terlihat Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), klik bagian tersebut dan lanjutkan dengan klik Properties.
  • Masukkan DNS dan restart.

2. Perangkat Android 9

Berbeda dengan perangkat PC dengan windows, pemilik smartphone Android 9 dapat melakukan penggantian DNS dengan cara yang berbeda. Cara ini jauh lebih mudah, namun demikian tidak memungkinkan bagi Android 9 untuk memakai open DNS ataupun DNS dari Google.

Penggantian DNS di Android 9 sudah dilengkapi dengan keamanan untuk memblokir beberapa situs dewasa dan juga malware. Para pengguna smartphone ini bisa melakukan cara anti dns dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke pengaturan atau setting dan tab ke menu
  • Berikutnya pilih private DNS, lanjutkan dengan memilih hostname dengan mengisi angka 1 sebanyak 4 kali, ikuti dengan “.cloudflare-dns.com”.
  • Simpan perubahan dan DNS telah berhasil diubah.

3. Perangkat Android 8 ke Bawah

Berbeda dengan Android 9, pada versi di bawahnya, penggantian DNS memiliki langkah yang sedikit berbeda. Pengguna bisa mengakses pengaturan atau setting, lalu pilih menu wi-fi. Pilih jaringan wi-fi yang akan diubah DNS-nya, lalu ketuk ubah jaringan.

Berikutnya, lanjutkan dengan mengetuk “menu”, pilih alamat DNS 8.8.8.8 karena perangkat ini bisa memakai DNS dari Google. Simpan perubahan tersebut dan DNS sudah berhasil diganti.

Cara Ganti DNS dengan Aplikasi

Ada juga langkah mengganti DNS yang tak kalah mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi DNS Changer. Aplikasi ini bisa dipakai jika pengguna memakai OS tertentu, misalnya color OS, Mi UI, custom ROM atau yang lain. Caranya sangat mudah, yaitu seperti ini:

  • Download aplikasi
  • Masuk ke menu choose DNS provider. Pada menu ini, pengguna bisa melihat beberapa DNS yang bisa dipilih.
  • Pilih DNS yang diinginkan. Setelah dipilih, maka kolom DNS secara otomatis akan berubah dan terisi alamatnya sesuai dengan yang dipakai.
  • Klik start. Lanjutkan dengan menekan tombol start, dan DNS sudah bisa diterapkan.

Terdapat beberapa cara ganti DNS yang bisa dengan mudah digunakan oleh pengguna smartphone, PC, atau laptop. Hal yang perlu dipastikan adalah, pengguna memilih DNS yang tepat agar bekerja bisa lebih cepat. Selain itu, perhatikan juga keamanan DNS yang dipilih.