Cara Buat Akun WA Bisnis Beserta Fiturnya


Sejak tahun 2018, WhatsApp menghadirkan aplikasi tambahan yang dikenal dengan WhatsApp Bisnis untuk membantu para pemilik bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggannya. Alih-alih menggunakan profil pribadi untuk kebutuhan bisnis, para pemilik bisnis bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan. Nah, bagaimanakah cara buat akun WA bisnis?

Secara keseluruhan, WhatsApp Bisnis sama dengan WhatsApp pribadi. Hanya saja, ada beberapa fitur pada aplikasi ini yang tidak ada pada WhatsApp pribadi atau personal seperti statistic untuk mengevaluasi  pesan hingga pesan penjawab otomatis.

Langkah-langkah Untuk Membuat Akun WA Bisnis

Cara buat akun WA bisnis hampir sama dengan pembuatan WA pada umumnya. Hanya saja, pengguna harus memiliki nomor lain yang tidak pernah atau sedang tidak digunakan oleh WhatsApp lainnya. Jika sudah memiliki nomor yang baru dan tidak terpakai, maka lanjutkan langkah-langkah berikut untuk membuat WA bisnis:

1. Mengunduh Aplikasi WA Bisnis

Calon pengguna perlu tahu bahwa WA bisnis dengan WA biasanya berbeda. Oleh karena itu, jika ingin membuat WA bisnis, maka pastikan untuk mengunduh aplikasi WA bisnis terlebih dahulu. Aplikasi yang satu ini tersedia di PlayStore maupun App Store untuk iPhone secara gratis!

2. Mendaftarkan Nomor Ponsel

Setelah berhasil mengunduh dan menginstallnya, maka saatnya mendaftarkan nomor ponsel yang baru saja dibeli. Nantinya WA bisnis akan mengirimkan kode verifikasinya. Masukkan nomor kode tersebut ke dalam WA bisnis untuk bisa melanjutkan proses pembuatan WA bisnis.

3. Membuat Profil Bisnis Pada WA

Jika sudah berhasil diverifikasi, saatnya membuat profil bisnis pada WA. Saat membuat profil WA, pastikan untuk memikirkannya dengan baik, karena nantinya nama profil tidak akan bisa diubah lagi di kemudian hari. Selain nama bisnis, jangan lupa untuk mengisikan domisil, detail kontak, email hingga situs jika memilikinya. Jika semua informasi sudah diisi maka WA bisnis sudah siap digunakan.

Fitur yang Ada Pada WA Bisnis

Setelah mengetahui cara buat akun WA bisnis, saatnya memanfaatkan fitur yang ada dalam aplikasi ini. Selain bisa membuat auto reply, ada juga label chat yang bisa membantu pengguna menandai chat yang penting, seperti yang sudah bayar dengan yang belum. Untuk lebih detailnya berikut adalah fitur dan cara menggunakannya:

1. Membuat Pesan Penjawab Otomatis

Setelah profil sudah berhasil terbuat, maka saatnya membuat pesan jawab otomatis. Jenis pesan yang dapat dibuat ada 3, yaitu away message, greeting message hingga quick replies. Untuk membuat salah satu pesan otomatis tersebut, maka klik Settings, lalu business settings dan pilihlah messaging tools. Masukkan pesan untuk masing-masing kategori dan nyalakan send away message jika tidak sempat membalas chat dari pelanggan.

2. Membuat Label Chat di WA Bisnis

Jika ingin menandai chat yang ada di WA bisnis dengan tujuan kepentingan bisnis, maka gunakan fitur label yang ada di WA bisnis. Untuk menggunakan fitur ini, pemilik WA bisnis tinggal menekan chat yang dimaksud dalam waktu yang lama hingga muncul pilihan labelnya. Tinggal pilih warna yang diinginkan, lalu masukkan keterangannya.

3. Menghadirkan Katalog di WA

Untuk menunjukkan produk yang dijual, maka hadirkan katalog WA bisnis. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan membuka menu setting lalu business setting dan terakhir pilih catalog. Kemudian pemilik tinggal menambahkan foto, harga hingga deskripsi dari setiap produk yang diunggah. Pengguna bisa mengunggah hingga 500 produk ke dalam katalog tersebut.

Itulah beberapa cara buat akun WA bisnis beserta beberapa fitur yang ada di dalamnya. Dengan banyak manfaat yang dimilikinya, maka segera gunakan akun WA bisnis, terutama bagi bisnis-bisnis kecil.