Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Aplikasi Sembunyikan Foto dan Video Untuk Menjaga Privasi


Tidak semua foto yang dimiliki bisa bebas untuk dilihat oleh orang lain, terkadang ada beberapa diantaranya yang dianggap privasi. Sehingga, pengguna smartphone perlu memasang aplikasi sembunyikan foto dan video yang aman. Bukan hanya menawarkan kunci atau password, tetapi aplikasi berikut memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Inilah 5 rekomendasi aplikasi sembunyikan galeri yang bisa dipasang:

1. LoxMyPix

Saat HP dipinjam oleh orang lain, maka ada kemungkinan orang tersebut mengetahui privasi foto dan video tersimpan. Pengguna bisa membuat brankas palsu yang berisi sedikit foto sebagai tingkat keamanan pertama. Melalui aplikasi LoxMyPix, pengguna bisa mengamankan galeri menggunakan enkripsi khusus. Sehingga tidak akan terlihat di bagian penampil foto seperti biasanya.

Hadirnya aplikasi LoxMyPix membuat data foto dan video yang sifatnya privasi lebih aman. Di samping itu, aplikasi ini hadir dengan beragam fitur unggulan yang bisa dioptimalkan untuk penyimpanan data. Seperti kunci fingerprint, autolock, fake vault, dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir lagi foto atau video yang dimiliki diketahui teman atau pacar.

2. GalleryVault

Beberapa tipe HP biasanya sudah memiliki fitur penguncian aplikasi bawaan yang bisa dimanfaatkan untuk mengamankan galeri. Akan tetapi, ada pula yang memerlukan bantuan aplikasi. Bila HP tidak memiliki fitur bawaan tersebut, pengguna bisa mencoba menerapkan GalleryVault dengan mudah. Aplikasi ini bekerja dengan cara membuat kata sandi khusus untuk melihat foto dan video.

Bila menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengatur PIN, pola, maupun sidik jari agar dapat mengunci galeri. Kata sandi yang cukup rumit tentunya akan menyulitkan bagi orang lain untuk menirukannya. Selain fitur tersebut, GalleryVault juga bisa dioptimalkan untuk membuat fitur browser web pribadi bila pengguna ingin agar history pencarian tidak diketahui siapa pun.

3. Calculator

Umumnya orang-orang akan menggunakan kata sandi khusus untuk mengunci galeri, sehingga orang lain tidak dapat melihat foto atau video. Namun, apabila kata sandi tersebut diketahui orang lain maka rahasia tersebut dapat terbuka. Tips menyiasatinya bisa dilakukan dengan memasang Calculator, aplikasi ini layaknya brankas yang mampu menyembunyikan media yang ada pada smartphone.

Cara kerja dari aplikasi sembunyikan foto dan video ini cukup unik, yaitu media akan tersimpan dibalik fitur kalkulator. Sehingga, mungkin orang lain yang meminjam HP tidak akan menyadari keberadaan galeri pada smartphone tersebut. Sebab, tersembunyi rapi pada belakang kalkulator. Sedangkan, untuk tampilan galeri asli bisa diisi dengan foto-foto lain yang sifatnya umum atau bukan rahasia.

4. Vault

Menyembunyikan foto dan video bisa dilakukan dengan menerapkan kata kunci khusus yang sulit diketahui orang. Pengguna bisa memasang Vault yang mempunyai tingkat keamanan cukup tinggi guna mengamankan data galeri yang dimiliki. Sebab, aplikasi ini juga mempunyai penyimpanan dengan memanfaatkan fitur kalkulator seperti aplikasi lainnya.

Melalui Vault, pengguna bisa membuat galeri yang lebih terorganisir guna mengatur lokasi penyimpanan foto dan video. Mode penyimpanan galeri dilakukan dengan membentuk kata sandi khusus yang berasal dari kombinasi angka tertentu. Agar dapat melihat galeri tersembunyi, pengguna perlu mengetikkan kata sandi tersebut pada bagian kalkulator yang tersedia.

5. SuperVault

Aplikasi ini menawarkan layanan penyimpanan foto dan video menggunakan PIN khusus. Pengguna bisa menyesuaikan kata sandi yang gampang untuk diingat, namun tidak diketahui siapa pun. Sehingga data berisi foto dan video yang bersifat privasi bisa disembunyikan tanpa khawatir akan diketahui oleh orang lain saat meminjam HP.

Itulah rekomendasi 5 aplikasi sembunyikan foto dan video yang bisa dioptimalkan guna menjaga keamanan ponsel. Foto maupun video yang dianggap biasa justru bisa jadi kurang nyaman saat dilihat orang lain. Sehingga, alternatif yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi pengunci di atas supaya galeri bisa tersimpan dengan rapi dan susah ditemukan orang lain.