5 Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks yang Memudahkan Tugas Notulis



Kemajuan teknologi semakin melesat, salah satunya adalah adanya aplikasi pengubah suara menjadi teks. Aplikasi ini tentu sangat membantu, di tengah ramainya sesi seminar online dengan pemaparan dari narasumber yang sangat cepat. Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu bagi yang ingin mendapatkan script pidato dalam berbagai bahasa, berikut ulasannya:

1. Live Transcribe

Salah satu aplikasi pengubah suara menjadi teks yang populer adalah Live Transcribe, yang kerap direkomendasikan oleh para jurnalis. Teknologi ini juga banyak dikenal dan digunakan oleh notulen, ketika membutuhkan script yang diucapkan oleh para pembicara.

Para pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi ini melalui Play Store atay Appstore. Bukan hanya mudah mengunduh, aplikasi yang bisa mengubah suara menjadi teks ini juga sangat mudah digunakan. Terbukti, sudah ratusan juta orang yang mengunduhnya.

Setelah terpasang di gadget, pengguna hanya tinggal menekan satu tombol. Seketika, audio yang sedang didengarkan akan terkonversi menjadi teks. Pekerjaan membuat notulen atau mendapatkan teks narasumber menjadi semakin mudah.

2. Google Keyboard

Mesin pencari Google ternyata tidak sekadar berfungsi mencari informasi. Search engine raksasa ini ternyata juga memberikan kemudahan sebagai aplikasi pengubah suara menjadi teks. Disebut dengan Google Keyboard, aplikasi ini membuat pengguna smartphone tak kerepotan mengetik.

Aplikasi ini merupakan keyboard virtual yang banyak dikenal sebagai G-board. Umumnya, pengguna memanfaatkan aplikasi ini ketika menggunakan Whatsapp. Tak perlu lagi mengetik pesan yang panjang, karena semuanya seketika bisa diubah menjadi teks oleh G-Board.

Pemilk smartphone bisa dengan mudah mengunduh di Play Store, atau di Appstore untuk para pemilik iPhone. Setelah itu, aktifkan fitur G-Board melalui menu pengaturan. Maka saat ingin mengirim pesan, pengguna hanya tinggal mengucapkan pesan tersebut dan otomatis terkonversi menjadi teks.

3. Notulite

Terlibat dalam kegiatan rapat yang membutuhkan banyak catatan untuk poin penting, terkadang merepotkan. Namun sekarang tak perlu lagi repot, karena Notulite menjadi salah satu solusi untuk membantu membuat notulen.

Melihat namanya, sudah tentu inovasi aplikasi pengubah suara menjadi teks ini diperuntukkan bagi para notulis. Dalam waktu singkat, aplikasi ini dapat mengubah suara menjadi teks. Tidak hanya itu, hasilnya pun sangat akurat dan juga cepat.

Kebutuhan akan sistem transkripsi otomatis, sudah terjawab dengan hadirnya Notulite. Mengubah penuturan menjadi sebuah teks tidak akan terhambat karena gaya bicara yang terlalu cepat. Selain itu, tentu saja ekonomis karena hanya membutuhkan sebuah aplikasi.

4. Speechnotes

Bagi pelajar atau mahasiswa yang memiliki tugas untuk mencatat, aplikasi ini bisa membantu untuk mengonversi ucapan menjadi tulisan. Unduh dan pasang Speechnotes di hp, dan seketika kemudahan transkripsi teks ada dalam genggaman. Bahkan, sebelum pengguna membaca instruksinya.

Berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia juga diakomodasi oleh aplikasi ini. Bukan hanya itu, aplikasi pengubah suara ini juga bisa melakukan penerjemahan ujaran pendek maupun panjang. Teks hasil konversi juga bisa langsung diedit. Bahkan, aplikasi ini juga bisa dipakai secara offline.

5. Voice Search

Aplikasi lain yang tak kalah populer adalah Voice Search yang juga dikembangkan oleh Google. Bukan sekadar menerjemahkan ujaran dan mengonversikan menjadi teks, aplikasi ini juga bisa dibaca oleh banyak bahasa seperti Inggris, China, Arab, Rusia, dan banyak lagi.

Beragam kemudahan yang bisa didapatkan dari aplikasi pengubah suara menjadi teks, menjadi sebuah inovasi yang sangat membantu. Terutama, bagi yang berprofesi di bidang kepenulisan, jurnalistik, ataupun sebagai notulis di berbagai acara. Penggunaannya sederhana, namun menyelesaikan pekerjaan dalam waktu secepatnya.