7 Aplikasi Penghitung Kalori Saat Olahraga dari Android dan iOS


Menjaga kesehatan dengan berolahraga, ternyata bisa juga didampingi oleh kecanggihan smartphone. Bukan hanya sebagai pemutar musik, namun ada banyak aplikasi penghitung kalori saat olahraga yang bisa diunduh. Bahkan, ada aplikasi yang memberikan instruksi, agar latihan semakin efektif. Berikut daftarnya:

1. Strava Running and Cycling

Olahraga lari menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kebugaran tubuh. Strava, adalah pilihan aplikasi penghitung kalori saat olahraga yang akan mendampinginya. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk melihat kecepatan lari, progress latihan, dan juga kalori yang terbakar.

2. MyFitnessPal

Menjalankan program diet terkadang harus dibarengi dengan kontrol ketat olahraga dan makan. Maka, aplikasi ini akan menjadi teman yang baik. MyFitnessPal yang diunduh pada ponsel android akan menghitung kalori dengan cepat dan mudah.

Aplikasi penghitung kalori saat olahraga ini juga akan membantu menghitung asupan kalori pada pilihan makanan. Caranya adalah dengan mencari makanan yang disantap, dan aplikasi ini dengan database-nya akan melacak konsumsi kalori pada saat tersebut.

3. Pacer Pedometer & Weight Loss Coach

Penggemar olahraga jalan kaki atau lari dapat menggunakan aplikasi ini untuk memantau jumlah kalori yang terbakar. Selain itu, pantauan rute lari dan perkembangannya dari hari ke hari juga bisa diaktifkan. Dengan demikian, progress olahraga semakin terpantau dan sesuai target.

Ada fitur yang lebih menarik dari aplikasi ini, yaitu menghitung langkah kaki setiap hari. Bahkan, fitur ini bisa aktif tanpa harus mengubah pengaturan apapun. Alat ini akan menantang penggunanya untuk mencapai target langkah setiap harinya.

4. Nike Training Club

Aplikasi penghitung kalori saat olahraga yang sangat populer bagi penggemar lari ini dapat di-download di hp iphone atau Android. Memaksimalkan fungsi Nike Training Club, akan memudahkan penggunanya seolah memiliki personal trainer.

Akan ada 3 tahapan ketika latihan yang juga terbagi menjadi level beginner, intermediate, dan advance. Berbagai latihan seru setelahnya bisa diikuti sebagai saran dari aplikasi ini.

Mulai dari yang teringan dalam waktu 15 menit, hingga terus menambah durasi latihan secara bertahap. Aplikasi ini didesain untuk fokus digunakan bagi para pelari. Menghubungkannya dengan GPS, akan semakin memaksimalkan fungsinya sebagai pemantau progress latihan.

5. Blogilates

Berawal dari sebuah konten diet dan olahraga di blog dan youtube, Cassey Ho mengembangkan konten tersebut menjadi sebuah aplikasi yang fungsional. Banyak orang yang telah mengunduh aplikasi ini dengan mudah di smartphone.

Sebagai pengembangan dari konten, maka aplikasi ini juga akan berisi berbagai video olahraga dan diet yang dapat diikuti dengan mudah. Ada juga forum untuk berbincang dan berdiskusi terkait dengan perkembangan diet dan olahraga yang dilakukan. Dengan demikian, penggunanya akan mendapat suntikan motivasi lebih untuk membakar kalori.

6. Daily Burn

Memiliki fungsi yang sama seperti Blogilates, Daily Burn akan mengajak penggunanya berolahraga melalui tontonan Live Streaming kapan saja dan dimana saja. Berbagai latihan disediakan oleh aplikasi ini, mulai dari level ringan hingga advance, yang dapat dilakukan secara bertahap sesuai kondisi tubuh.

7. Minute Workout

Bagi yang ingin olahraga namun tidak memiliki banyak waktu, maka aplikasi ini bisa menjadi solusi. Dikembangkan dan populer di Amerika, aplikasi ini banyak dipakai oleh para penghemat waktu. Akan ada sajian gerakan yang harus intens dilakukan, agar waktu 7 menit dapat efektif membakar kalori dan membuat tubuh bugar sebelum beraktivitas kembali.

Itulah beberapa aplikasi penghitung kalori saat olahraga yang dapat dengan mudah diunduh dan digunakan. Mulai dari pengguna yang fokus dengan olahraga, sampai dengan kaum sibuk yang tetap mendambakan pembakaran kalori untuk menurunkan berat badan.