Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Paling Boros Kuota Yang Sering Tidak Disadari


Pernahkah mengalami kuota internet habis dalam beberapa hari saja? Salah satu penyebab utamanya adalah karena aplikasi yang boros kuota. Seringkali pengguna tidak menyadari bahwa beberapa aplikasi di ponsel menyedot kuota dalam jumlah yang banyak. Namun, apa saja aplikasi paling boros kuota yang sering digunakan oleh para pemilik smartphone?

1. Spotify & Joox

Salah satu aplikasi yang seringkali digunakan oleh para pengguna smartphone namun ternyata sangat boros kuota adalah aplikasi musik seperti Spotify dan Joox. Aplikasi yang satu ini seringkali digunakan untuk mendengarkan musik maupun podcast. Namun yang seringkali tidak disadari oleh pengguna adalah ketika mereka mendengarkan musik, mereka juga streaming musik yang memakan kuota internet.

Agar tidak memakan kuota yang terlalu banyak, maka pengguna bisa mengunduh lagu-lagu yang sering didengarkan. Selanjutnya, buatlah dalam satu album atau playlist agar bisa didengarkan secara offline, tanpa perlu kuota internet sekalipun. Selain itu, jika tidak menggunakan aplikasi, maka pastikan untuk menutupnya secara benar agar tidak menghabiskan kuota juga.

2. Facebook

Aplikasi berikutnya yang ada pada hampir seluruh smartphone adalah Facebook. Dengan aplikasi ini, orang bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berkomunikasi dengan teman yang jauh, berjualan hingga bergabung dengan sebuah komunitas. Namun yang tidak disadari oleh pengguna adalah semua kegiatan tersebut memakan kuota yang cukup besar.

Bahkan beberapa fitur inovasi dari Facebook justru membuat aplikasi ini sangat boros kuota. Salah satu fitur baru yang ada dalam Facebook dan membuatnya semakin boros adalah autoplay video. Dengan fitur ini, video yang muncul di layar akan berputar secara otomatis tanpa perlu di klik. Jadi, bayangkan saja berapa kuota yang terpakai jika di halaman utama Facebook terdapat 10 video.

3. Instagram

Sosial media lainnya yang tidak kalah terkenal adalah Instagram. Sama halnya dengan Facebook, aplikasi ini juga memiliki juga beberapa fitur yang menyebabkan kuota orang cepat habis. Salah satunya adalah feed otomatis atau munculnya postingan secara langsung tanpa perlu di refresh. Jadi ketika ada orang yang mengunggah postingan baru, maka postingan tersebut akan langsung muncul pada layar.

4. Netflix

Bagi pecinta film, aplikasi ini pasti terunduh dan terinstall pada ponsel. Meskipun ada banyak film menarik di dalamnya, namun Netflix ternyata merupakan aplikasi paling boros kuota. Sama halnya dengan Spotify, ketika menonton film dengan aplikasi ini, orang melakukan streaming video hingga memakan kuota internet yang cukup banyak. 

Bayangkan saja 1 film bisa berdurasi 1 - 2 jam. Jadi jika tidak ingin kuota cepat habis, maka ada baiknya menggunakan koneksi wifi. Jika ingin tetap menonton film dari aplikasi ini, maka salah satu cara agar kuotanya tidak habis terlalu banyak adalah dengan mengatur kualitas video. 

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Netflix terlebih dahulu. Selanjutnya, pilihlah garis tiga yang berada di kiri atas dan pilihlah pengaturan aplikasi. Selanjutnya pilih kualitas streaming sedang atau rendah untuk mengurangi kuota yang terpakai. Dengan pengaturan ini, pengguna bisa nonton film selama 4 jam dan menghabiskan 1 GB saja lho!

5. YouTube

Aplikasi terakhir yang pasti ada pada semua ponsel adalah YouTube. Sama halnya dengan Netflix, pemakaian YouTube berarti melakukan streaming video yang tentunya memakan kuota internet. Jika ingin tetap menonton video dari aplikasi ini namun dengan kuota yang lebih hemat, maka pilihlah kualitas video yang rendah. Dengan begitu, kuota yang terpakai tidak akan terlalu banyak.

Itulah 5 aplikasi paling boros kuota yang sering digunakan oleh para pemilik smartphone. Jika tidak ingin kuota cepat habis, maka jangan menggunakan kelima aplikasi diatas secara bersamaan. Atau lakukan pengaturan kualitas agar kuota yang terpakai tidak terlalu besar atau banyak ketika membuka aplikasi.