5 Aplikasi Chatting Selain Whatsapp ini Lebih Aman Digunakan


Berkomunikasi menggunakan media sosial kini menjadi sebuah kebutuhan penting. Salah satunya adalah Whatsapp yang memang hadir untuk mengakomodasi kebutuhan chatting. Namun ketika media ini down system, bukan berarti komunikasi terhenti. Pindah saja ke aplikasi chatting selain whatsapp di bawah ini, sehingga obrolan dan bisnis bisa terus berjalan lancar:

1. Telegram

Aplikasi ini muncul dan bahkan dikatakan sebagai pesaing ketat Whatsapp. Privasi dan kebebasan keamanan ketika berkomunikasi, dinilai lebih terjaga menggunakan Telegram. Menjadi salah satu aplikasi chatting selain whatsapp, Telegram bahkan memungkinkan pembentukan grup obrolan dengan jumlah tak terbatas.

Meskipun sempat dianggap sebagai media komunikasi yang dicurigai pemerintah, hal tersebut tidak membuat Telegram menjadi dihentikan operasionalnya. Kecurigaan tersebut mengetengahkan alasan tidak dapat dijebonya komunikasi media ini, karena infrastruktur keamanan MTProto yang lebih baik ketimbang Whatsapp.

Sistem keamanan inilah yang menempatkan Telegram sebagai salah satu aplikasi chat terbaik. Selain percakapan, media ini juga mengakomodasi penggunanya yang akan membuka artikel tanpa beban berat melalui fitur instant view. Enkripsi end-to-end di media ini juga gratis dan mudah digunakan.

2. Skype

Media ini sudah lama sekali muncul, dan ternyata masih memiliki penggemar yang ingin menggunakan aplikasi chatting selain whatsapp. Awal kemunculannya menempatkan Skype sebagai aplikasi obrolan video. Namun sebenarnya, media ini bisa juga dipakai untuk berkirim SMS atau menelpon tanpa biaya.

Dibesut oleh Microsoft, aplikasi yang aktif dipakai oleh ratusan juta pengguna per hari ini terintegrasi dengan Ms Office, sehingga memadai untuk keperluan bisnis. Pengguna Skype bisa leluasa berkomunikasi, serta terhubung dengan sangat cepat dengan kolega atau konsumen.

Agak sedikit berbeda dengan whatsapp sebelum mengirim pesan, pengguna harus terlebih dahulu menyetujui kontak yang akan dihubungi. Hal ini menjadi alasan dipilihnya Skype sebagai media yang menjaga privasi, terutama dalam hal bisnis.

3. Viber

Berikutnya, ada aplikasi yang juga dapat dipakai selain Whatsapp yaitu Viber. Media ini sebenarnya muncul jauh sebelum Whatsapp. Namun demikian, popularitasnya sedikit menurun ketika Whatsapp muncul dan lebih banyak digunakan. Padahal, viber juga sudah melindungi percakapan penggunanya dengan enkripsi end-to-end.

Bukan hanya itu, aplikasi ini memungkinkan penggunanya mendapatkan sistem keamanan tambahan, karena kunci kriptografi individu yang terhubung dengan masing-masing perangkat. Dengan demikian, hanya pengguna yang bisa mengizinkan kontak lain menghubunginya.

4. Threema

Satu lagi rekomendasi aplikasi percakapan yang sangat aman. Bagi yang khawatir dengan informasi pribadinya ketika menggunakan Whatsapp, maka Threema adalah alternatif terbaik. Enkripsi dilakukan pada semua data, termasuk juga pesan yang dikirim, file, hingga pembaruan status.

Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan saja. Pengguna tidak bisa menggunakannya untuk melakukan panggilan, baik suara maupun video. Namun demikian, dengan jaminan keamanan Threema, pengguna tentu akan lebih terlindungi dengan aplikasi ini.

Meskipun berbayar, namun Threema memberikan kebijakan privasi yang sangat transparan dan jaminan keamanan yang tinggi. Biaya yang dikeluarkan seperti tetap terbayar dengan keamanan yang diberikan oleh media ini.

5. Snapchat

Alternatif berikutnya yang bisa dipilih sebagai media percakapan adalah Snapchat. Beberapa fitur unik yang ada di media ini, membuatnya menarik untuk digunakan sebagai aplikasi chatting selain Whatsapp. Pengguna dapat mengirimkan pesan, namun akan hilang sendiri setelah jangka waktu tertentu. Media ini juga akan memberi notifikasi, jika seseorang meng-capture obrolan.

Berbagai pilihan aplikasi chatting selain Whatsapp tentu sangat beragam format dan model keamanannya. Pengguna bisa memilih alternatif ini sesuai dengan kebutuhan, agar aktivitas obrolan bersama kerabat atau kolega bisa berjalan lancar gangguan.