Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop Anti Ribet 



Pekerjaan menggunakan laptop tentu memerlukan ketelitian, sebab mungkin pengguna tanpa sengaja menghapus sebagian aplikasi yang masih penting. Sehingga justru kebingungan ketika hendak mengoperasikan aplikasi tersebut di kemudian hari. Itulah sebabnya, pemahaman tentang cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop perlu dipelajari sebagai bentuk antisipasi dalam sebuah pekerjaan. 

Aplikasi termasuk perangkat lunak yang membantu meringankan berbagai pekerjaan. Hadirnya aplikasi akan membuat laptop menjadi lebih fungsional untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Keteledoran dalam mengoperasikan laptop terkadang justru mengakibatkan terhapusnya beberapa aplikasi penting. Adapun untuk mengembalikannya, pembaca bisa mengikuti panduan cara di bawah ini: 

1. Lakukan Recovery Melalui Control Panel 

Recovery untuk aplikasi terhapus bisa dilakukan dengan mudah melalui bagian Control Panel. Bukalah menu Control Panel, lanjutkan dengan memilih bagian Recovery. Untuk mengembalikan aplikasi, klik pada menu Open System Restore dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut kembali. Proses ini mungkin memerlukan beberapa waktu sampai aplikasi tersedia. 

2. Atur Bagian Settings Laptop 

Ketika kehilangan beberapa aplikasi, sebaiknya pengguna tidak terburu-buru bingung. Sebab, masalah ini sebetulnya bisa diselesaikan dengan cara yang sederhana tanpa bantuan aplikasi apa pun. Adapun cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop bisa dilakukan dengan melakukan recovery melalui opsi control panel. 

Cobalah membuka bagian Windows Settings dengan cara klik tombol Windows + I bersamaan. Setelah muncul menu Update & Security, pilih bagian recovery untuk mengembalikan aplikasi terhapus. Lanjutkan dengan melakukan restart laptop, tunggu hingga laptop memproses ulang. Setelah itu, coba cari kembali aplikasi yang sebelumnya terhapus. 

3. Manfaatkan Windows Powershell 

Fitur bawaan dari laptop sebetulnya sudah sangat lengkap, termasuk fitur untuk mengembalikan aplikasi yang terlanjur di hapus. Misalnya Windows Powershell yang bisa digunakan bagi pengguna untuk melakukan recovery aplikasi. Fitur ini terletak di bagian start pada program laptop yang dimiliki. Lakukan klik kanan pada bagian aplikasi tersebut dan pilih opsi Run as Administrator. 

Selanjutnya pengguna perlu mengisi link untuk melakukan recovery aplikasi. Isilah link tersebut dengan lengkap dan klik enter untuk memulai proses recovery. Cek aplikasi yang ingin dikembalikan pada bagian pencarian. Setelah itu, mulailah menjalankan aplikasi yang sudah dikembalikan tersebut. Dengan demikian, pengguna bisa menyelesaikan pekerjaan kembali menggunakan aplikasi tersebut. 

4. Manfaatkan O&O AppBooster 

Pengguna bisa mengembalikan aplikasi terhapus dengan memanfaatkan layanan O&O AppBooster. Aplikasi ini bisa diperoleh dengan mengunduhnya melalui Google, pengguna bisa menginstalnya terlebih dahulu pada perangkat laptop yang dimiliki. Penggunaannya cukup mudah, silahkan jalankan aplikasi terlebih dahulu. Setelah O&O AppBooster terbuka, maka akan muncul daftar aplikasi yang terhapus sebelumnya. 

5. Gunakan 10AppsManager 

Sebagai jaga-jaga, pengguna juga bisa menginstal aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk membantu recovery. Salah satunya 10AppsManager yang bisa dioperasikan dengan mudah pada laptop. Pengguna hanya perlu menginstal dan menjalankannya saja, 10AppsManager akan menampil daftar aplikasi yang pernah dihapus. Pengguna bisa melakukan recovery dengan mudah hanya melakukan beberapa klik. 

Meski mudah untuk dioperasikan, tetapi aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan bagi pengguna. Seperti laptop yang digunakan perlu menggunakan Windows 10 agar bisa menjalankan aplikasi 10AppsManager. Di samping itu, 10AppsManager sejatinya hanya bekerja untuk mengembalikan aplikasi bawaan saja. Sehingga, penggunaannya masih sangat terbatas untuk aplikasi yang lain. 

Itulah penjelasan sekilas tentang cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop tanpa ribet yang bisa dikerjakan. Karena ada banyak opsi yang dapat dilakukan, pembaca bisa menerapkan teknik yang paling dikuasai. Sehingga, proses mengembalikan aplikasi berjalan efektif. Berhati-hati dalam mengoperasikan laptop perlu dilakukan sebagai antisipasi terhadap terhapusnya aplikasi penting yang ada di dalamnya.