Begini Cara Merekam Telepon Whatsapp di Android dan iPhone


Merekam pembicaraan melalui telepon terkadang dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Namun belum banyak yang tahu, jika ada juga cara merekam telepon whatsapp yang bisa digunakan. Umumnya orang hanya merekam panggilan telepon biasa. Padahal, panggilan melalui aplikasi whatsapp juga bisa disimpan untuk didengar kembali.

Cara Merekam Telepon Whatsapp di Android dan iPhone

Pemilik ponsel berbasis Android ataupun iOS, dapat melakukan perekaman ketika ada panggilan suara whatsapp. Bahkan pada gadget iOS, tidak perlu ada tambahan aplikasi yang digunakan. Berikut penggunaanya di kedua jenis ponsel tersebut:

1. Merekam Telepon Whatsapp dengan Macbook

Para pengguna iphone atau Macbook dapat menggunakan cara-cara mudah agar pembicaraan melalui whatsapp bisa direkam. Berikut adalah langkah mudahnya:

  • Sambungkan iphone ke Mac. Langkah pertama, sambungkan terlebih dahulu iphone ke Macbook. Ketuk “trust this computer” sebagai langkah pengamanan khas iOS.
  • Masuk quicktime. Jika iphone dan Mac sudah terhubung, akses aplikasi quicktime pada iphone
  • New Recording. Berikutnya, klik “new audio recording” dan lanjutkan dengan mengetuk ikon tanda panah dan pilih iphone.

Dengan cara demikian, pengguna bisa melakukan recording ketika ada panggilan suara lewat whatsapp di perangkat iphone. Setelah selesai, pengguna hanya tinggal klik “stop” dan rekaman akan otomatis tersimpan di Macbook.

2. Merekam Telepon pada iPhone

Jika tidak memiliki Macbook, pemilik iphone juga tetap bisa melakukan perekaman dengan mudah. Lakukan cara ini pada hp iOS dengan versi 11 ke atas:

  • Masuk setting. Pertama, akses dulu menu pengaturan di hp iphone, lalu pilih pusat kontrol.
  • Customize. Lanjutkan dengan kustomisasi lalu klik ikon atau tanda “plus” di samping rekaman layar.
  • Mulai merekam. Ketuk ikon mikrofon untuk merekam panggilan suara dari whatsapp. Dengan demikian, percakapan akan otomatis dilakukan dan file ada di dalam memori iphone.

3. Merekam pada Perangkat Android

Bukan hanya pada gadget berbasis iOS, cara merekam telepon whatsapp juga bisa digunakan pada ponsel Android. Namun di perangkat ini, perekaman panggilan suara harus didahului dengan pemasangan aplikasi Call Recorder Cube ACR. Begini langkahnya:

  • Unduh aplikasi. Pemilik hp Android harus terlebih dahulu memasang aplikasi ini di smartphone-nya, lalu membuka aplikasi tersebut.
  • Izinkan mikrofon. Ketuk pilihan izinkan mikrofon, penyimpanan, dan akses lainnya. Hal ini bisa juga dilakukan dengan memilih Grant Permission.
  • Melakukan panggilan WA. Selanjutnya, bisa dicoba dengan melakukan panggilan melalui aplikasi whatsapp, dan akan terlihat widget call recorder.
  • Klik ikon mikrofon. Ketuk ikon mikrofon pada widget tersebut untuk melakukan perekaman, demikian halnya jika panggilan sudah berakhir. Hasil rekaman dapat dilihat di penyimpanan smartphone.
  • Aplikasi ini banyak digunakan karena bisa dipakai untuk melakukan perekaman berbagai aplikasi. Selain whatsapp, panggilan melalui Facebook Messenger dan Skype juga didukung oleh Cube ACR ini.

Kualitas suara yang dihasilkan juga jernih untuk sebuah aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan. Apalagi, ada fitur “shake to mark” yang akan memberikan tanda khusus pada percakapan, dengan hanya menggerakkan ponsel.

Keunggulan Aplikasi Perekam Cube ACR

Salah satu cara merekam telepon whatsapp yang diberikan adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Call Recorder Cube ACR. Aplikasi ini cukup populer di tengah pengguna smartphone, khususnya yang berbasis Android. Tentu saja, karena ada banyak keunggulan seperti di bawah ini:

  • Aplikasi ini bisa dipakai untuk merekam telepon biasa maupun berbagai aplikasi.
  • Kualitas suara jernih
  • User friendly karena sangat mudah digunakan dan dilakukan pengaturan
  • Fitur shake to mark membantu memberi tanda percakapan penting
  • Fitur silent mode untuk menyembunyikan widget

Berbagai cara merekam telepon whatsapp tersebut dapat dicoba sesuai dengan perangkat yang dimiliki. Kebutuhan merekam percakapan telepon sekarang bisa dilakukan dengan mudah, bahkan untuk percakapan dengan berbagai aplikasi seperti Facebook Messenger atau Skype.