Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ketahui Cara Hapus Kontak di Akun Google dengan Mudah dan Aman



Menyimpan kontak di akun Google memang bisa dibilang lebih praktis karena bisa 'menghubungkan browser dan ponsel. Pengguna juga tidak perlu takut kontak terhapus selama email serta password tetap ingat. Namun, tidak sedikit juga yang pada akhirnya orang ingin tahu cara hapus kontak di akun Google. Lalu, bagaimana cara untuk menghapus kontak dari Google?

Bagi pengguna Android sendiri cara untuk menghapus kontak di Google ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui browser maupun melalui Google Contact. Biasanya hal ini dimaksudkan untuk merapikan kontak yang sudah tidak dapat dihubungi dan lain sebagainya.

Tentunya dengan menggunakan dua cara ini, handphone pun juga bisa lebih aman karena tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berpotensi membahayakan sistem ponsel. Nantinya pengguna yang memilih untuk menghapus kontak di Google ini, maka secara otomatis akan memperbolehkan Google menghapus semua data kontak yang dipilih.

Tentunya pengguna juga hapus terlebih dahulu yakin bahwa kontak memang sudah tidak digunakan sebelum dihapus. Nah, lalu bagaimana cara menghapus kontak di Google? Simak ulasannya berikut: 

Menghapus Kontak Melalui Browser 

Cara hapus kontak di akun Google yang pertama adalah melalui browser yang bisa dibuka dengan mudah melalui ponsel. Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan pengguna bila ingin menghapus kontak di Google menggunakan browser: 

  • Silakan buka browser yang ada di Android. 
  • Langkah berikutnya pilih menu Google contact di URL. 
  • Silakan login ke akun Gmail yang ingin dihapus kontaknya. 
  • Nantinya Google akan menampilkan beranda Google contact dari pengguna. 
  • Silahkan pilih menu contact yang ada di beranda. Nantinya melalui menu inilah Google akan menunjukkan daftar kontak tersimpan di Gmail. 
  • Pengguna bisa mulai memilih kontak yang ingin dihapus satu persatu atau bisa juga langsung memilih semua kontak untuk dihapus. 
  • Pilih menu tiga titik pada bagian atas untuk kemudian melakukan delete contact. 
  • Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mengecek apakah kontak sudah berhasil terhapus. Apabila belum maka, silahkan lakukan langkah tersebut untuk kedua kalinya. 

Menghapus Kontak Melalui Aplikasi Google Contact

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapus kontak di Google secara permanen selain menggunakan browser adalah langsung menggunakan aplikasi Google Contact. Sama seperti penggunaan browser, nantinya aplikasi ini juga akan membantu pengguna untuk menghapus serta merapikan kontak di ponsel. Nah, lalu bagaimana cara menghapus kontak menggunakan aplikasi ini? Berikut ulasan lengkapnya: 

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi Google Contact pada play store. 
  • Apabila aplikasi sudah berhasil diunduh maka, langkah berikutnya silahkan login ke Gmail. 
  • Pastikan bahwa Id serta password Gmail merupakan Id yang sama seperti Id penyimpanan kontak Google. 
  • Silakan pilih kontak mana yang akan dihapus di Google contact. Pengguna juga bisa memilih opsi semua bila memang ingin menghapus semua kontak yang tersimpan di Google. 
  • Pilih icon titik tiga sebagai tahap terakhir untuk kemudian menekan opsi delete pada menu tersebut. 
  • Silahkan cek kontak yang sebelumnya tersimpan di Google. Apabila sudah tidak ada berarti kontak tersebut telah berhasil dihapus.

Nah, itulah tadi cara hapus kontak di akun Google menggunakan dua cara mudah yaitu melalui browser maupun langsung menggunakan aplikasi. Tentunya menggunakan kedua cara ini akan secara otomatis menghapus permanen kontak yang di delete. Hal inilah yang kemudian mengharuskan pengguna ponsel untuk memastikan data kontak terlebih dahulu sebelum benar-benar dihapus.