Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Menggunakan VPN di HP dan Resiko yang Harus Diketahui Penggunanya



VPN bisa dibilang merupakan solusi jaringan pribadi yang dapat digunakan untuk menghindari pemblokiran pada suatu situs atau bahkan menyembunyikan identitas. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang sering mencari cara menggunakan VPN di HP. 

Fitur satu ini seringkali digunakan pada saat jaringan mengalami masalah sehingga tidak dapat mengakses situs tertentu. Nah, lalu bagaimana cara mudah untuk menggunakan VPN? Simak ulasan berikut: 

Menilik Cara Menggunakan VPN di HP

Cara menggunakan VPN di HP sendiri merupakan hal yang mudah sebenarnya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk akses internet setelah dilakukan pemasangan aplikasi di ponsel. Penggunaan aplikasi satu ini bahkan seringkali dimanfaatkan oleh perusahaan besar untuk melindungi data penting supaya tidak bisa lebih privasi. 

Kegunaan untuk memperlancar jaringan, melakukan transfer data lebih aman, memberikan keamanan enkripsi serta mengakses data regional adalah sebagian besar manfaat aplikasi ini. Nah, lalu bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya berikut: 

  • Langkah awal yang perlu dilakukan adalah silakan download aplikasi VPN di ponsel melalui play store. Aplikasi ini banyak tersedia di play store dan bisa digunakan dengan gratis. 
  • Apabila aplikasi sudah terinstall maka, langkah berikutnya silahkan buka aplikasi tersebut. 
  • Nantinya VPN akan menampilkan banyak pilihan negara yang dapat dipilih. Melalui berbagai opsi negara inilah nantinya jaringan dapat terhubung. 
  • Silakan pilih satu negara yang ingin digunakan. 
  • Langkah berikutnya klik connect untuk menghubungkan jaringan VPN. 
  • Silahkan tunggu beberapa saat sehingga jaringan dapat dihubungkan. 
  • Apabila jaringan sudah terhubung maka, berikutnya silahkan coba untuk melakukan browsing di internet. 

Nantinya melalui jaringan VPN ini, kemungkinkan pengguna untuk dapat membuka semua situs yang diinginkan bisa dilakukan. Bahkan bagi handphone yang tidak memiliki akses Netflix pun kemungkinan bisa diinstall menggunakan jaringan ini. 

Apa Resiko Penggunaan VPN di HP

Setelah sebelumnya mengenal sekilas tentang VPN serta cara menggunakannya maka, mengetahui apa resiko dari penggunaan VPN tentu menjadi hal yang penting diketahui. Hal ini penting supaya pengguna juga bisa berhati-hati dalam penggunaannya. 

Penggunaan VPN ini sebenarnya akan memiliki resiko lebih tinggi bila menggunakan aplikasi tidak berbayar. Minimnya perlindungan pada data di ponsel bisa saja menjadi resiko yang bisa dirasakan pengguna VPN gratis ini. Nah, lalu apa saja sih resiko yang bisa terjadi bila menggunakan VPN? Berikut 3 diantaranya: 

1. Pembajakan 

Terjadinya pembajakan akun yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab terhadap data yang telah terdaftar otomatis pada VPN tidak berbayar. Ini bisa menjadi resiko pertama yang sebenarnya seringkali mengintai pengguna VPN tidak berbayar. 

Hal inilah yang kemudian harus diperhatikan oleh pengguna VPN supaya lebih berhati-hati dalam memilih jaringan VPN yang akan digunakan. Mencari informasi yang terlebih dahulu tentang aplikasi VPN gratis yang aman bisa jadi solusi. 

2. Membuat Jaringan Internet Lebih Lambat 

VPN memang dirancang untuk memungkinkan penggunanya bisa mengakses situs yang sulit dibuka dengan jaringan biasanya. Namun, sayangnya pemilihan VPN yang salah juga bisa menjadi masalah pada jaringan internet yang lambat. 

3. Banyak Iklan 

Satu hal yang cukup mengganggu dalam penggunaan VPN tidak berbayar adalah iklan yang cukup banyak. Hal ini menjadi satu resiko lain yang akan dirasakan oleh pengguna VPN saat menggunakan VPN tidak berbayar. 

Bahkan pihak pengiklan dari aplikasi VPN juga dimungkinkan dapat melacak setiap aktivitas online yang dilakukan pengguna VPN. Melalui hal ini biasanya pihak pengiklan akan memberikan iklan yang serupa atau sejalan dengan aktivitas online yang dilakukan pengguna VPN. 

Itulah tadi sekilas tentang cara menggunakan VPN di HP dengan mudah. Namun, tentunya tetap memperhatikan setiap aplikasi VPN yang akan digunakan juga menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi pembajakan atau penyalahgunaan data.