Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Hemat Kuota Tiktok yang Mudah Dilakukan


Satu dari beberapa media sosial yang bisa dipakai untuk berbagi video adalah Tiktok. Dengan demikian memang sebagian banyak konten yang terdapat pada aplikasi sosial media ini adalah berbentuk video. Maka tak mengherankan apabila kuota yang diperlukan juga cukup banyak atau boros. Tapi tenang saat ini ada beberapa cara hemat kuota Tiktok yang mudah dilakukan. 

Akan tetapi jika yang dipertanyakan oleh pengguna mengenai berapa besar penggunaan kuota yang diperlukan untuk mengoperasikan aplikasi Tiktok. Maka bisa dijawab dengan seberapa sering pengguna memakainya. Mengingat sejumlah orang tertarik memakai aplikasi ini lantaran bisa terkenal atau viral. Untuk pembahasan selebihnya terkait tata cara yang bisa dipakai guna menghemat kuota perangkat adalah seperti berikut:

1. Mengaktifkan Penghematan Data

Pada dasarnya aplikasi Tiktok ini mempunyai layanan berupa penghematan data. Dengan berbekal layanan ini pengguna bisa melakukan penghematan kuota saat menggunakan Tiktok. Adapun langkah-langkah sebagai cara hemat kuota Tiktok yang bisa dicoba adalah seperti berikut:

  • Pertama pengguna bisa membuka aplikasi Tiktok yang dimiliki. 
  • Lanjutkan dengan memilih menu "Profil", biasanya berada di sisi kanan. 
  • Kemudian pilih tulisan "Privacy and Settings". 
  • Berikutnya pengguna bisa memilih menu "Data Saver". 

Langkah terakhir adalah dengan memastikan bahwasanya keadaan dari tombol pada menu "Data Saver" tersebut sudah On. Apabila belum on, maka pengguna dapat melakukan pengaktifan terlebih dahulu. 

2. Mengaktifkan Manajemen Waktu 

Langkah berikutnya untuk melakukan penghematan data atau kuota saat berselancar dengan aplikasi Tiktok adalah dengan mengaktifkan bagian manajemen waktunya. Pasalnya dengan memakai cara ini pengguna bisa mengontrol pemakaian waktunya. Mengingat jika tidak adanya kontrol pemakaian, pengguna bisa saja kecanduan. Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk menerapkan cara ini adalah seperti berikut:

  • Pertama buka aplikasi Tiktok yang ada di perangkat. 
  • Kemudian lanjutkan dengan membuka menu "Pengaturan & Privasi". 
  • Berikutnya pada bagian konte serta aktivitas, pengguna bisa memilih menu "Kesejahteraan Digital". 
  • Lanjutkan dengan memilih "Manajemen Waktu Layar". 
  • Lalu pengguna hanya tinggal melakukan pengaturan akan batas waktu penggunaan aplikasi Tiktok yang dibutuhkan. 

3. Mengaktifkan Penghematan Data di Setelan 

Di samping melakukan pengaturan terhadap pengaktifan penghemat data pada aplikasi terkait, pengguna juga bisa menemukan fitur ini di perangkat android. Hingga pengguna bisa menghemat kuota internet juga dengan mengaktifkan fitur penghematan data yang terdapat pada menu Setelan di android. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah setiap perangkat smartphone memiliki letak menu yang Setelan yang berbeda-beda. Untuk itu pengguna bisa mencari menu Setelan tersebut sesuai smartphone yang dipakai dan aktifkan fiturnya.

4. Menggunakan Wifi 

Pemakaian wifi saat ini memang cukup marak, terlebih saat memasuki masa pandemi lantaran berbagai macam kegiatan yang beralih menjadi virtual. Baik kegiatan sekolah sampai dengan kegiatan bekerja. Tak heran apabila permintaan pemasangan wifi oleh pengguna lebih meningkat. 

Bahkan wifi tidak hanya bisa dipakai untuk sekedar kebutuhan sekolah dan juga bekerja saja. Melainkan juga untuk menjalankan berbagai kegiatan yang membutuhkan jaringan internet. Dimana satu diantaranya adalah aplikasi Tiktok. Bahkan untuk menghemat kuota Tiktok, pengguna tidak harus menggunakan Wifi milik sendiri, tetapi bisa milik umum seperti cafee dan lainnya. 

Demikian pembahasan mengenai 4 cara hemat kuota Tiktok yang bisa bisa dicoba. Dengan mengetahui cara tersebut pengguna tidak perlu risau lagi jika memiliki jumlah kuota terbatas. Mengingat saat ini jumlah pengguna dari Tiktok tergolong lumayan banyak dengan mayoritas konten berupa video. Hingga bagi tak mengherankan jika jumlah kuota yang dibutuhkan juga cukup besar.