Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Mengubah Resolusi Foto di HP dengan Mudah dan Cepat


Hasil foto yang pecah menjadi satu masalah yang sering dialami seseorang. Hal ini biasanya terjadi karena resolusi foto yang tidak sesuai untuk gambar yang diperbesar. Kamera handphone dengan pixels yang cenderung kecil juga seringkali menjadi alasan foto pecah saat diperbesar. Cara mengubah resolusi foto di HP pada akhirnya menjadi hal penting yang sering dicari oleh kebanyakan orang.

Cara untuk mengubah resolusi foto melalui ponsel pada dasarnya memang tidak bisa dilakukan secara instan. Pengguna tetaplah harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menunjang proses perbaikan resolusi. Nah, lalu bagaimana cara merubah resolusi melalui aplikasi ini? Berikut ulasannya:

Mengubah Resolusi Foto Menggunakan Aplikasi Play Store

Cara mengubah resolusi foto di HP Android memanglah memerlukan adanya pihak ketiga sebagai aplikasi pembantu. Aplikasi ini sendiri bisa didapatkan dengan gratis melalui Play Store dan tentunya merupakan aplikasi legal yang aman digunakan.

Aplikasi yang disediakan Play Store pun juga terbilang cukup banyak namun, ada dua aplikasi yang cukup sering dijadikan pilihan karena pengoprasiannya yang mudah. Dua aplikasi ini adalah Photo & Picture Resizer serta Photo Compress. Nah, untuk mengetahui cara penggunaan dari dua aplikasi ini maka, silahkan simak ulasan di bawah ini:

1. Cara Penggunaan Photo & Picture Resizer

Apabila sebelumnya telah mengetahui sekilas tentang aplikasi Photo & Picture Resizer maka, tahap berikutnya adalah mengetahui cara mengubah resolusi foto di HP menggunakan aplikasi ini. Nah, lalu bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan berikut ini:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Photo & Picture Resizer melalui Play Store.
  • Silakan buka aplikasi Photo & Picture Resizer yang telah diunduh sebelumnya.
  • Apabila aplikasi sudah terbuka maka, silahkan pilih select photo untuk memilih foto yang nantinya akan diedit resolusinya supaya tidak pecah.
  • Tahap berikutnya silahkan pilih opsi menu resize.
  • Nantinya aplikasi ini akan menampilkan beberapa pilihan dimensi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengubah resolusi foto di Android.
  • Silahkan pilih satu dari beberapa dimensi yang ditampilkan oleh aplikasi Photo & Picture Resizer.
  • Tunggu hingga proses yang dilakukan aplikasi untuk mengubah resolusi foto selesai dilakukan.
  • Apabila proses pengubahan resolusi telah selesai dilakukan maka, silahkan download foto yang telah diubah.
  • Silakan lihat foto yang sudah dirubah melalui galeri di ponsel untuk memastikan hasil edit resolusi yang telah dilakukan.

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini maka, ruang penyimpanan yang harus dipersiapkan adalah 9,6 MB. Pengguna juga tidak perlu cemas akan keamanan dari aplikasi karena Photo & Picture Resizer adalah aplikasi yang sudah aman untuk digunakan.

2. Cara Menggunakan Photo Compress 2.0

Aplikasi berikutnya yang juga bisa digunakan untuk mengubah resolusi foto pada HP Android adalah Photo Compress. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah serta tentunya gratis melalui Play Store. Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Berikut ulasannya:

  • Langkah pertama silahkan download aplikasi Photo Compress melalui Play Store.
  • Apabila aplikasi sudah selesai di install maka, berikutnya silahkan buka aplikasi tersebut.
  • Pilih menu galeri untuk mengambil foto dari memori ponsel.
  • Pengguna juga bisa memilih menu camera untuk memotret gambar terlebih dahulu.
  • Apabila foto yang akan diubah sudah diunggah maka, langkah berikutnya adalah klik menu compress.
  • Tahap berikutnya silahkan pilih opsi yang telah disediakan aplikasi untuk merubah resolusi.
  • Apabila resolusi foto sudah dirasa pas maka,  silahkan klik compress dan foto akan tersimpan di memori handphone.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis melalui Play Store dengan mempersiapkan ruang penyimpanan yang bahkan lebih kecil dari aplikasi sebelumnya yaitu hanya 1,4 MB.

Nah, itulah tadi cara mengubah resolusi foto di HP dengan memanfaatkan dua aplikasi terpercaya yang ada di Play Store. Aplikasi dengan kapasitas MB yang kecil ini juga bisa digunakan dengan aman oleh pengguna tanpa perlu khawatir akan berdampak negatif pada sistem ponsel.