Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Minimize Youtube Tanpa Aplikasi Paling Mudah



Youtube merupakan platform untuk berbagi konten video yang telah diakses oleh pengguna hampir di seluruh dunia. Tidak mengherankan jika banyak orang  menontonnya sambil melakukan aktivitas lain, seperti membalas chat, mengakses sosial media dan lainnya. Cara minimize Youtube tanpa aplikasi ini sangat membantu untuk melakukan multitasking di smartphone dengan nyaman.

Pengguna sebenarnya dapat meminimize Youtube dengan menggunakan aplikasi tambahan maupun fitur bawaan. Fitur dari smartphone ini bisa memudahkan multitasking dengan mode split-screen, pop-up view serta menonton lewat browser. Selain itu, Youtube juga menyediakan akses premium berbayar untuk menikmati fitur yang lebih lengkap, termasuk memutar video di background.

Penasaran apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ini pembahasan tentang cara minimize Youtube tanpa aplikasi yang wajib disimak:

1. Menggunakan Fitur Split-screen

Bagi pengguna Android, pastinya sudah tidak asing dengan fitur split-screen. Fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan multitasking di smartphone. Pada umumnya smartphone Android telah dilengkapi dengan split-screen sebagai fitur bawaan. Jadi, pengguna dapat menonton Youtube sekaligus menjalankan aplikasi lain.

Cara minimize Youtube tanpa aplikasi ini sangat mudah, pengguna dapat memutar video di Youtube lalu pergi ke opsi recent apps dan pilih menu. Tekan dan tahan beberapa detik pada Youtube kemudian pilih opsi split. Setelah itu, pengguna bisa memilih aplikasi lain untuk dijalankan secara bersamaan.

2. Menonton Lewat Google Chrome

Cara minimize Youtube tanpa aplikasi selanjutnya bisa dilakukan melalui Google Chrome. Browser ini dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, misalnya picture-in-picture. Fitur tersebut bisa digunakan untuk menonton video dari Youtube di latar belakang. Cukup menonton video lewat browser kemudian putar dengan layar penuh.

Setelah itu, pengguna dapat ke menu utama atau home untuk melihat video dengan picture-in-picture mode. Fitur ini akan muncul secara otomatis ketika kembali ke home. Pengguna bisa menekan ikon full screen pada video untuk mengembalikan ke mode normal.

3. Menonton dengan Youtube Premium

Youtube Premium ini memiliki sejumlah kelebihan yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang berlangganan. Fitur yang dihadirkan seperti bebas iklan, bisa menonton video di latar belakang, mendownload video, dan lain sebagainya. Pengguna bisa mencoba akses premium gratis maupun berlangganan dengan tarif sekitar Rp.60.000 per bulan.

4. Mengaktifkan Fitur Picture-in-picture di Ponsel

Selain melalui Google Chrome, mode picture-in-picture ini bisa diakses di smartphone via aplikasi Youtube. Fitur ini dapat diakses oleh OS Android minimal versi 8.0 (Oreo) dan yang terbaru. Perlu diingat fitur ini hanya dapat diaktifkan oleh pengguna yang sudah berlangganan premium. Pengguna bisa mengaktifkannya di menu Pengaturan pada opsi Akses aplikasi khusus.

Pertama, buka aplikasi Youtube lalu klik Android Settings dan lanjutkan ke Aplikasi & Notifikasi. Kemudian, pengguna diarahkan memilih Akses aplikasi khusus lalu diaktifkan dengan mengklik Izinkan Picture-in-picture. Bagi yang tidak berlangganan premium, pengguna bisa mengaktifkannya melalui peramban Google Chrome dengan tahapan yang tidak jauh berbeda.

Pengguna harus membuka menu Pengaturan pada Google Chrome terlebih dahulu. Lalu, pilih Manajemen aplikasi nantinya akan muncul daftarnya kemudian pilih Chrome. Setelah itu, pengguna dapat menemukan opsi picture-in-picture dan aktifkan. Barulah bisa memutar video dengan mode tersebut secara otomatis jika dikembalikan ke menu home.

5. Mendengarkan Lagu di Youtube Music

Youtube Music merupakan layanan streaming khusus untuk lagu dan video musik. Pengguna bisa menikmati berbagai fitur menarik jika bergabung di premium seperti mendownload lagu dan video, tanpa iklan, serta dapat memutar musik di latar belakang. Kelebihan lainnya yaitu dapat mendengarkan musik dari file Mp3 di smartphone.

Itulah pembahasan mengenai cara minimize Youtube tanpa aplikasi yang paling mudah dilakukan. Ternyata minimize Youtube tidak selalu dilakukan dengan aplikasi tambahan. Pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan dari smartphone maupun berlangganan Youtube premium. Jika sudah bisa melakukannya, pengguna pun dapat melakukan kegiatan lain tanpa terganggu.