Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Simak Cara Menyembunyikan Aplikasi WA Untuk Menjaga Privasi


Aplikasi Whatsapp memang mayoritas digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun kerabat. Bagaimana tidak, aplikasi yang satu ini mempunyai beberapa fitur. Akan tetapi terkadang ada pengguna yang ingin menyembunyikan aplikasi tersebut dari layar smartphone. Lantas bagaimana cara menyembunyikan aplikasi WA? Simak ulasan lengkapnya.

Alasan Menyembunyikan Aplikasi WA

Seperti yang diketahui bahwasanya terkadang seseorang ingin menyembunyikan aplikasi WA yang dimiliki. Dimana seseorang yang melakukan hal seperti ini tentu mempunyai beberapa alasan. Maka dari itu, alasan apa saja yang dimaksud? Berikut ini merupakan penjelasan lengkap terkait dengan alasan menyembunyikan aplikasi WA di smartphone:

  • Ingin menjaga privasi aplikasi Whatsapp dari siapa pun termasuk keluarga.
  • Agar pasangan tidak membaca chat dengan orang-orang tertentu.
  • Agar aplikasi Whatsapp tidak mudah dihapus oleh anak ketika membuka handphone.
  • Menghindari aplikasi WA digunakan orang lain saat ponsel hilang.
  • Mengurangi aksi hacker terhadap aplikasi WA yang dilakukan para hacker.

Cara Menyembunyikan Aplikasi WA

Aplikasi Whatsapp memang sangat perlu untuk dijaga dengan cara menyembunyikan aplikasi tersebut dari layar utama. Dengan menyembunyikan aplikasi ini tentu sangat sulit dijangkau oleh orang lain ketika ingin mengecek handphone seseorang. Adapun cara menyembunyikan aplikasi WA akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini:

1. Menggunakan Folder Terkunci

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyembunyikan aplikasi WA dengan menggunakan folder terkunci. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah masuk ke aplikasi Pengaturan. Setelah itu, pilih Biometrics and Security pada beberapa pilihan menu yang ada. Jika sudah menemukan menu tersebut maka pilih Secure Folder dan pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

2. Menyembunyikan WA di HP Xiaomi

Berbagai smartphone tentu mempunyai cara yang sedikit berbeda untuk menyembunyikan aplikasi yang diinginkan. Salah satunya adalah HP Xiaomi yang mempunyai cara tertentu menyembunyikan aplikasi WA. Caranya adalah dengan membuka menu Security App dan buka App Lock. Setelah itu, pilih aplikasi yang akan disembunyikan yakni aplikasi WA.

3. Menyembunyikan WA di HP Samsung

HP Samsung juga mempunyai cara yang dapat dilakukan pengguna yang ingin menyembunyikan aplikasinya. Caranya adalah masuk ke menu Pengaturan terlebih dahulu. Setelah itu, pilih menu Display dan masuk ke menu Home Screen. Jika sudah selesai, maka scroll ke bawa kemudian pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

4. Menggunakan Aplikasi Go Launcher

Aplikasi Go Launcher mempunyai fungsi untuk menyembunyikan aplikasi yang masih jarang diketahui pengguna. Namun terlebih dahulu, pengguna harus menginstal aplikasi Go Launcher. Setelah itu, buka aplikasi untuk membuat pin kemudian pilih menu Tools yang ada pada tampilan. Selanjutnya memilih opsi Hide App dan secara otomatis akan terlihat aplikasi yang disembunyikan.

5. Menyembunyikan Aplikasi di HP iPhone dan iPad

Cara yang dapat dilakukan jika ingin menyembunyikan aplikasi di HP iPhone dan iPad tentu cukup mudah dilakukan. Adapun caranya yakni masuk ke aplikasi Settings dan memilih menu General. Apabila masuk ke menu General maka pilih menu Restrictions dan tidak lupa memilih Enable Restrictions. Buat kata sandi dan memilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

6. Menggunakan Aplikasi OnePlus Launcher

Selain aplikasi Go Launcher, ada juga aplikasi OnePlus Launcher yang dapat dimanfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi. Adapun cara menyembunyikan aplikasi yakni membuka aplikasi dan menggeser ke kanan. Setelah itu, temukan Hidden Space dan klik ikon (+) untuk menambah aplikasi yang ingin disembunyikan.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan alasan yang dimiliki pengguna sehingga ingin menyembunyikan aplikasi WA. Selain itu, cara menyembunyikan aplikasi WA juga dapat diterapkan. Dimana cara yang bisa dilakukan pengguna tentunya tidak terlalu sulit. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga maupun aplikasi bawaan untuk menyembunyikan aplikasi WA.