Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung Paling Gampang dan Alasan Menggunakannya



Memisahkan urusan pekerjaan dan personal kini dapat hanya dengan sebuah ponsel. Pengguna bisa menggandakannya dan menambahkan akun yang berbeda untuk memudahkan aktivitas. Cara menggandakan aplikasi di Samsung ini dapat dipasang melalui pihak ketiga maupun fitur bawaan yang telah tersedia.

Cara tersebut bisa menjadi solusi bagi pengguna yang tidak ingin repot membawa banyak ponsel. Pengguna hanya perlu menginstall dual aplikasi sesuai kebutuhan, misalnya Messenger, WhatsApp, Line, dan lain sebagainya. Menggandakan aplikasi ini dapat dilakukan untuk berbagai keperluan supaya lebih praktis dan mudah dikontrol.

Ingin mencoba menggunakannya? Berikut ini pembahasan selengkapnya mengenai alasan dan cara menggandakannya wajib disimak:

Mengapa Harus Menggandakan Aplikasi di Smartphone?

Menggandakan aplikasi atau kloning ini menjadi cara mudah untuk menggunakan dua akun dalam satu ponsel, khususnya Samsung. Beberapa aplikasi terkadang hanya membatasi satu akun untuk digunakan misalnya WhatsApp. Dengan kloning pengguna bisa menambahkan nomor lain yang masih aktif tanpa perlu memakai dua ponsel sekaligus.

Selain itu, menggunakan kloning ini dikenal praktis karena bisa memakan dua akun dalam satu device, sehingga tidak membutuhkan ponsel lain. Pengguna juga memanfaatkannya untuk urusan yang berbeda, baik pribadi maupun pekerjaan. Cara menggandakan aplikasi di Samsung ini bisa diterapkan dengan mudah melalui fitur bawaan atau dari pihak ketiga secara gratis.

Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung Paling Gampang

Pada dasarnya kloning aplikasi ini dapat dilakukan di hampir semua jenis smartphone Android termasuk Samsung. Sejumlah merk ponsel bahkan telah dilengkapi dengan fitur kloning tanpa harus mendownload aplikasi tambahan. Berikut ini cara yang perlu diketahui, antara lain:

1. Memanfaatkan Fitur Bawaan Samsung

Cara menggandakan aplikasi di Samsung yaitu dengan memakai fitur asli dari ponsel. Fitur ini sangat mudah diterapkan karena pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan. Pengguna dapat memilih aplikasi mana yang akan dikloning. Lalu, tekan serta tahan beberapa saat hingga muncul tanda pop-up.

Kemudian, pengguna bisa pilih opsi “Install Second App” untuk memasangnya secara otomatis. Nantinya aplikasi yang terpilih dapat diakses bersamaan dengan akun yang berbeda.

2. Menggunakan Dual Messenger

Untuk mengaktifkan Dual Messenger, pengguna dapat membuka menu Pengaturan dan pilih Advanced Features. Kemudian, klik Dual Messenger untuk memilih aplikasi yang akan digandakan. Pilih Install untuk memasang salinan aplikasi tersebut dan mengaksesnya dengan fitur yang sama. Pengguna bisa membedakannya dari tampilan ikon yang berbeda.

3. Menginstall Parallel Space

Parallel Space ini menjadi alternatif untuk menggandakan aplikasi di handphone Samsung. Pertama, pengguna perlu mengunduh dan memasangnya melalui Google PlayStore. Apabila sudah terpasang, klik Setuju dan Lanjutkan untuk menjalankan aplikasinya. Setelah itu, tekan Accept untuk mulai memakai dan menambahkannya ke Parallel Space di ponsel.

4. Memakai App Cloner

Terakhir, pengguna dapat memakai App Cloner yang dikenal memiliki kinerja bagus. Aplikasi ini bisa melakukan dengan gampang tanpa ada bug ketika dijalankan. Cukup unduh dan install dari Google PlayStore dan jalankan jika sudah terpasang. Lalu, pilih aplikasi yang ingin dikloning kemudian klik Ok untuk mengaksesnya.

Setelah itu, aplikasinya akan terpasang otomatis di ponsel dan memulai proses clone. Jika sudah terinstall maka dual aplikasi pada Samsung dapat dipakai. App Cloner ini biasanya memerlukan Google Chrome untuk mengaktifkan notifikasi.

Itulah pembahasan mengenai cara menggandakan aplikasi di Samsung dengan gampang. Mengkloning aplikasi ini dapat mempermudah pengguna dalam menjalankan dua akun sekaligus. Pengguna bisa memakai fitur yang tersedia dan memanfaatkannya untuk kepentingan berbeda. Aplikasi tersebut dapat didownload di Google PlayStore maupun tersedia bawaan dari ponsel Samsung.