Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendaftar Aplikasi Zoom dengan Beberapa Langkah



Saat ini, semua kegiatan banyak yang dialihkan ke mode online. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga kegiatan lainnya. Maka dari itu, penggunaan media untuk melakukan pertemuan virtual sangat diperlukan. Salah satu aplikasi yang paling umum dipakai adalah Zoom. Cara mendaftar aplikasi Zoom tergolong mudah untuk dilakukan.

Agar pengguna bisa memakai Zoom, maka harus melakukan pendaftaran sebagai awalan. Untuk melakukan pendaftaran, ada beberapa step yang sangat penting untuk diikuti. Penasaran bagaimana cara mendaftarnya? Simak urutan langkah berikut ini beserta dengan uraian yang diperlukan untuk praktiknya:

1. Masuk ke Aplikasi atau Situs Zoom

Jika ingin mendaftar memakai ponsel, maka pengguna bisa mengunduh aplikasinya di tempat pengunduhan aplikasi yang ada di perangkat. Proses pengunduhan ini tidak membutuhkan waktu lama asal internetnya berjalan dengan baik. Sedangkan jika ingin mendaftar Zoom memakai situsnya, maka bisa pergi ke zoom.us.

Dengan masuk ke situs tersebut, tampilannya juga akan sama seperti jika mengunduh aplikasinya. Jika sudah masuk ke aplikasi atau situsnya, maka langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah memencet tombol "Sign Up". Dengan memencet tombol ini, maka pengguna akan diarahkan ke menu selanjutnya.

2. Masukkan Email yang Dipakai

Langkah selanjutnya untuk melakukan pendaftaran Zoom adalah dengan mengisi email di tempat yang sudah disediakan. Pastikan untuk memasukkan email yang benar-benar masih dipakai dan aktif. Karena nantinya pesan yang berhubungan dengan zoom juga akan dikirim melalui email yang masih aktif tersebut.

3. Lakukan Aktivasi

Cara mendaftar aplikasi Zoom yang ketiga adalah dengan melakukan aktivasi akun. Buka pesan masuk email, kemudian buka email yang berasal dari pihak Zoom. Pencet saja tombol "Activate Account" yang ada dalam pesannya. Tombol ini akan mengalihkan halaman ke menu lainnya untuk melakukan aktivasi.

Setelah masuk ke halaman baru, segera buat sandi yang unik. Pembuatan sandi ini memang harus unik. Sehingga, tidak mudah ditiru atau diikuti orang lain yang mungkin saja kurang bertanggung jawab. Setelah sandi selesai dibuat, maka akun sudah aktif dan bisa dipakai untuk keperluan kegiatan virtual.

4  Masuk ke Zoom

Setelah akun aktif, langkah lanjutan yang bisa dipraktikkan adalah masuk ke akun yang sudah dibuat tadi. Caranya adalah dengan memencet tombol "Sign In" dan masukkan email serta sandi yang sudah dibuat. Dengan cara ini, maka pengguna bisa masuk ke situs atau aplikasi Zoom dengan akun yang sudah dibuat.

Langkah ini tidak bisa dilakukan jika tidak melakukan aktivasi akun seperti pada poin ketiga di atas. Maka dari itu, setiap poin langkah memang penting untuk diaplikasikan secara berurutan. Jika email dan sandi yang dimasukkan salah, juga tidak akan bisa masuk ke akun yang sudah dibuat atau diciptakan tadi.

5. Masukkan Nama dan ID

Untuk memulai pertemuan virtual, maka pengguna bisa memencet tombol "Join a Meeting" yang ada di halaman utama. Jangan lupa juga untuk memasukkan meeting ID dan nama yang akan dipakai selama pertemuan virtual. Meeting ID dipakai sebagai jalan masuk, dan nama akan ditampilkan saat Zoom dimulai.

Langkah terakhir adalah dengan memencet tombol "Join" yang sudah disediakan. Setelah itu, proses pendaftaran Zoom bisa diakhiri dan pengguna bisa mulai mengikuti pertemuan virtual melalui Zoom yang dilakukan. Pastikan untuk menjaga koneksi internet berjalan dengan baik selama proses ini berlangsung.

Lima urutan cara mendaftar aplikasi Zoom yang sudah disebutkan di atas bisa dipraktikkan secepatnya. Asalkan koneksi internet baik, maka prosesnya tidak akan terkendala. Pastikan juga untuk memakai email yang masih aktif. Karena jika email yang digunakan tidak aktif, maka akan berpengaruh pada Zoom yang dipakai.