Cara Melacak Akun FB Palsu Aman dan Anti Ribet



Maraknya penipuan online di Facebook membuat pengguna lebih berhati-hati untuk berteman dengan orang lain. Pengguna bisa mencoba cara melacak akun FB palsu jika menemukan dianggap mencurigakan. Tujuannya supaya mengetahui jika gambar dan identitas yang digunakan tersebut asli bukan hasil curian dari orang lain.

Pengguna dapat mencoba beberapa cara yang mudah tanpa harus melakukan hacking. Misalnya menggunakan Google Images Search, fitur Nearby Friends hingga website pelacak alamat IP. Pastikan pengguna melakukannya sesuai dengan tahapan yang benar untuk menghindari kesalahan. Supaya semakin jelas, berikut ini pembahasan lengkapnya yang wajib diketahui:

1. Melacak Foto di Pencarian Google

Cara melacak akun FB palsu yang pertama yaitu dengan mencari tahu foto profil di Google Images. Pengguna perlu menyimpan foto profil dari akun yang dilacak terlebih dahulu. Kemudian, buka Google Images dan pilih ikon kamera  serta pilih opsi Upload Gambar. Unggah foto profil tersebut untuk melakukan penelusuran gambar lebih lanjut.

Setelah itu, periksa hasil penelusuran untuk memastikan foto profil tersebut tidak identik dengan milik orang lain. Jika terbukti identik maka dapat dipastikan akun yang dilacak adalah palsu. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk akun yang menggunakan foto profil agar lebih mudah dilacak.

2. Memanfaatkan Fitur Nearby Friends

Selanjutnya, cara melacak akun FB palsu dapat dilakukan dengan menggunakan Nearby Friends. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi teman yang ada di sekitar. Pengguna perlu mengaktifkan GPS di perangkat yang digunakan lalu jalankan aplikasi Facebook. Kemudian, klik ikon tanda strip tiga yang terletak di pojok kanan bagian bawah/ atas.

Tekan fitur Nearby Friends untuk mengaktifkannya dan cari tahu lokasi terkini  dari teman yang ingin dilacak. Sayangnya fitur ini tidak bisa digunakan untuk melacak lokasi teman yang fiturnya tidak dinyalakan.

3. Memakai IP Logger

IP Logger merupakan website pihak ketiga yang sering kali digunakan untuk mengetahui IP address dan melacak akun palsu. Caranya pengguna harus membuat link baru yang bisa diarahkan ke berbagai website lalu tekan Shorten. Sebelum dibagikan sebaiknya ubah tautan dengan url shortener agar tidak mencurigakan.

Lalu, bagikan link tersebut ke akun Facebook yang ingin dilacak. Pengguna bisa melihat langsung IP address secara otomatis ketika pemilik akun mengklik tautan tersebut. Pengguna dapat melihat lokasi alamat IP yang tertera.

4. Menggunakan CMD di PC atau Laptop

Selain di ponsel, cara melacak akun FB palsu bisa diatasi dengan CMD pada PC atau laptop berbasis Windows. Pengguna dapat menggunakan akun Facebook maupun IP Address untuk melacak lokasinya. Pertama, buka Facebook melalui web browser di PC. Lalu, usahakan untuk tutup tab yang butuh koneksi internet agar memudahkan proses tracing.

Kemudian, pastikan teman yang dicek akunnya sedang online lalu cobalah mengirimkannya pesan. Pastikan jangan menutup chatroom sampai mendapat balasan. Lalu, bukalah CMD dengan mengetikkan kata netstat-an untuk memperoleh alamat IP yang terhubung ke device yang dipakai. Selanjutnya, alamat IP sudah bisa dilacak dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

5. Mengecek Profil Melalui Website dan Sosial Media Lain

Pengguna bisa mengetahui keaslian akun Facebook yang dimiliki seseorang dengan mengeceknya lewat website atau sosial media. Cukup masukkan nama lengkap yang digunakan di sosial media lain seperti Instagram maupun LinkedIn. Apabila profil yang dicari tidak sesuai dengan yang ada di FB kemungkinan akun tersebut palsu.

Pengguna juga dapat memeriksanya melalui nomor ponsel di website atau aplikasi pelacak. Aplikasi tersebut bisa mengetahui identitas atau nama kontak yang diberi oleh orang lain. Opsi lain, pengguna bisa menghubungi dan menanyakan langsung kepada pemilik akun.

Itulah pembahasan tentang cara melacak akun FB palsu miliki orang lain yang perlu diketahui. Metode di atas bisa dicoba untuk menelusuri keaslian akun Facebook yang dianggap mencurigakan. Pengguna dapat melakukannya sendiri dengan menggunakan fitur di Facebook hingga mengakses situs pihak ketiga yang bisa disesuaikan kebutuhan.