Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android dengan Mudah Tanpa Root 100% Berhasil



Android menyediakan banyak sekali aplikasi bawaan yang memiliki beragam fungsi. Namun terkadang tidak jarang aplikasi tersebut justru membuat memori semakin penuh. Akhirnya pemilik memutuskan ingin menghapusnya. Tapi meskipun sangat ingin menghapusnya, terkadang pemilik android tidak mengetahui bagaimana cara hapus aplikasi bawaan android. Simak caranya di bwah ini:

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Karena memang aplikasi bawaan android ini terkadang tidak mudah dihapus. Berbeda dengan aplikasi eksternal yang memang sengaja diinstal, seperti contohnya whatsapp. Aplikasi seperti itu akan sangat mudah dihapus, karena terdapat menu copot pemasangan (uninstal). Tapi bukan berarti aplikasi bawaan susah dihapus, tidak. Hanya caranya sedikit berbeda. 

1. Menggunakan Aplikasi Tambahan CCleaner

Cara hapus aplikasi bawaan android yang pertama adalah menggunakan aplikasi tambahan berupa CCleaner. Dengan aplikasi ini pengguna tidak hanya dapat menghilangkan aplikasi tambahan dari androidnya, tapi juga dapat menghapus file sampah dan cache. Jadi nanti hasilnya tidak hanya hp menjadi bersih, tapi juga membuat hp lebih ringan.

  • Download aplikasi CCleaner melalui playstore kemudian download aplikasi tersebut dan instal.
  • Membuka aplikasi ccleaner yang sudah diinstal dengan baik, kemudian pilih menu garis tiga yang terletak di pojok atas kiri.
  • Selanjutnya pengguna memilih apa manager, dan selanjutnya membuka pengaturan sistem kemudian pilih menu yang bergambar tong sampah.
  • Pengguna akan memulai menghapus aplikasi, dan nantinya akan ada peringatan berupa konfirmasi. Pilih saja menu continue untuk melanjutkan prosesnya.
  • Memilih aplikasi mana yang ingin dihapus, kemudian lakukan konfirmasi kembali untuk melanjutkan proses uninstal.

2. Melalui Menu Pengaturan

Android juga menyediakan hal yang mudah apabila ingin menghapus aplikasi bawaan yang dimiliki. Dalam hal ini yang digunakan adalah menu pengaturan, sehingga pengguna tidak membutuhkan aplikasi tambahan sama sekali. Hanya saja kalau menggunakan teknik ini, aplikasi yang dihapus tidak dapat maksimal. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

  • Membuka menu pengaturan di hp, atau menu settings.
  • Mencari menu apps, kemudian klik.
  • Pilih menu manage apps.
  • Menghapus bloatware pada halaman manage apps.
  • Menggunakan opsi uninstall updates, atau menghentikan secara paksa.

Tidak hanya menggunakan kedua opsi di atas saja, tapi pengguna juga bisa menghapus data aplikasi. Dengan begitu handphone akan menjadi lebih ringan. Namun dengan hanya menghapus data tidak akan membuat aplikasi hilang permanen. Jadi aplikasi hanya tidak membebani memori hp saja, tapi masih tetap ada di hp. Meskipun begitu cara ini masih layak dicoba.

Alasan Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Untuk penghapusan aplikasi ini biasanya banyak sekali pertimbangan dari pengguna. Salah satunya adalah kapasitas memori yang dimiliki. Karena terkadang aplikasi bawaan ini memakan memori yang lumayan besar. Tentu saja hal itu dapat memberatkan kinerja hp, dan membuat hp menjadi lama. Tidak hanya itu saja, ada beberapa alasan lain mengapa orang memutuskan untuk melakukannya, yakni:

  • Aplikasi tersebut sudah tidak lagi dibutuhkan.
  • Terlalu penuh, dan membuat tampilan di layar utama hp menjadi tidak bagus.
  • Membuat handphone menjadi lemot.
  • Suka melakukan update otomatis, sehingga terkadang menyedot kuota penggunanya.
  • Menjadi tempat masuknya virus, karena aplikasi tersebut jarang digunakan.
  • Merupakan salah satu penyebab baterai handphone menjadi boros.

Jadi karena beberapa alasan itulah seseorang menghapus aplikasi bawaan androidnya. Kalau memang merugikan, tidak ada salahnya untuk melakukan hal itu. Apalagi cara hapus aplikasi bawaan android ini tidak sukar untuk diterapkan dan tidak ada yang menyebabkan kerusakan pada hp. Justru dengan melakukannya dapat membuat hp menjadi lebih ringan.