Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Ganti Background Google Meet di Laptop



Konferensi video melalui Google Meet sedang mengalami peningkatan jumlah pengguna yang pesat seiring situasi pandemi. Baru-baru ini pengguna sudah bisa mencoba cara ganti background Google Meet di laptop yang tadinya tidak bisa dilakukan. Fitur ini telah dinanti oleh pengguna Google Meet, apalagi pada aplikasi serupa seperti Zoom sudah lama memiliki fitur serupa.

Apa Itu Fitur Mengganti Background?

Satu kelemahan Google Meet terletak pada background yang tidak bisa diganti, sehingga terkadang terlihat kurang rapi dan mengganggu. Namun sekarang ini pengguna dapat memakai fitur untuk mengganti latar belakang yang ditampilkan pada saat melakukan pertemuan online. Selain bisa menyembunyikan suasana yang asli di sekitar, juga menambah estetika dan kualitas video pada saat meeting.

Pengguna bisa memakai gambar milik sendiri atau pilihan yang tersedia di aplikasi Google misalnya lanskap, abstrak, dan pilihan lainnya. Background dari Google Meet yang menyerupai kantor seringkali dipakai oleh pengguna karena lebih terlihat profesional dan layak meski hanya dilakukan dari rumah masing-masing.

Fitur untuk merubah background ini bisa bekerja dari browser langsung, tanpa perlu ekstensi atau menambahkan perangkat lunak lain. Perubahan background ini tersedia pada perangkat seperti Windows, Mac, hingga ChromeOS. Untuk pengguna yang memakai ponsel, versi minimal untuk melakukan penggantian background adalah Android 9 pie. Untuk pengguna Apple, paling tidak harus memiliki iOS 12.

Bagaimana Cara Ganti Background Google Meet di Laptop?

Pengguna memiliki akses bebas untuk mengunggah foto milik sendiri atau memanfaatkan background yang sudah disediakan oleh Google Meet dengan pilihan beragam. Berikut ini langkah mudah untuk mengganti latar belakang pada panggilan video dengan Google Meet:

1. Login ke Google Meet

Masuk (login) menuju akun Google Meet. Perhatikan di bagian kanan bawah video, dimana terdapat ikon untuk mengganti latar belakang. Tekan logo tersebut untuk mengganti background sebelum memulai panggilan video. Berikutnya klik pada opsi “Change Background” untuk mengedit latar belakang sesuai keinginan.

2. Masuk ke Menu Perubahan Background

Perhatikan beberapa opsi yang tersedia pada menu untuk mengganti background, misalnya jika ingin memburamkan latar belakangnya bisa memakai “Blur Background”. Pengguna bebas mengatur tingkat keburamannya dengan mudah. Untuk cara ganti background Google Meet di laptop bisa klik tulisan “Background” diikuti dengan “Add” (ikon +) untuk menambahkan gambar yang diinginkan sebagai background-nya.

3. Memilih Gambar yang Diinginkan

Pilihlah gambar dari perangkat ataupun yang sudah disediakan oleh Google Meet, lalu setelah menemukan yang cocok bisa langsung klik “Change Background” . Otomatis background akan berubah dan tersimpan menjadi gambar yang tadi telah dipilih. Gambar inilah yang ditampilkan pada saat pertemuan online nantinya.

4. Mengganti Background Saat Pertemuan Berlangsung

Tekan “Join Now” untuk bergabung dengan pertemuan. Pengguna juga bisa merubah latar belakang meski konferensi video sedang berlangsung. Caranya yaitu memilih “More Options” yang berbentuk titik tiga, kemudian klik “Change Background”. Berikutnya akan muncul beberapa opsi background yang tersedia.

Bedanya, menu ini terlihat pada bagian kanan layar, untuk menutupnya bisa menekan “Close” berbentuk silang (x). Perlu dipahami bahwa opsi ini hanya bisa dilakukan apabila pengguna mengaktifkan hardware acceleration, yang pengaturannya bisa berbeda tergantung perangkat yang dipakai. Contohnya untuk pemakai Google Chrome bisa mengaktifkan dari chrome://settings lalu ke “Advanced” kemudian “System”.

Itulah informasi seputar cara ganti background Google Meet di laptop. Penambahan fitur ini merupakan kemajuan yang berarti dan membuat Google Meet semakin populer. Tidak hanya itu, sekarang pengguna juga bisa memakai fitur untuk menyaring kebisingan yang mengganggu serta mengaburkan background.