Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Setting Wifi Indihome Agar Jaringan Lancar Jaya

Dewasa ini banyak sekali masyarakat yang mulai beralih ke WiFi Indihome. Harganya yang murah dan lebih hemat dibandingkan menggunakan kuota internet merupakan alasan yang sering ditemui mengapa banyak yang mulai beralih. Melakukan pengaturan WiFi ini juga tidak ribet, berikut adalah cara setting WiFi Indihome yang bisa dicoba agar jaringan lancar jaya:

cara setting wifi indihome

1. Buka Aplikasi Browser

Awalnya, pengguna harus membuka terlebih dahulu browser yang ada di laptop, boleh menggunakan Mozilla atau Chrome. Pastikan sebelum membuka browser tersebut, sudah terhubung terlebih dahulu dengan router Indihome yang akan dilakukan pengaturan. Cara menghubungkan tersebut bisa melalui wired (LAN) maupun wireless.

Periksa terlebih dahulu ip gateway modem tersebut yang nantinya akan dimasukkan ke dalam browsernya. Cara mengeceknya bisa melalui pengaturan Control Panel yang ada pada laptop. Salinlah ip gateway yang telah didapatkan dan tempelkan pada bagian URL dan nantinya akan muncul tampilan login router.

2. Masukkan User dan Password

Masukkanlah username dan juga password yang telah disediakan untuk bisa memasuki halamannya. Pastikan mengetik username dan juga passwordnya sudah benar agar tidak ada kendala yang berarti. Perlu diingat bahwa username dan password tersebut diketik menggunakan huruf kecil semua. Apabila sudah yakin dengan username dan password, silahkan klik login pada sebelah kanannya.

3. Lakukan Setting Mode

Cara setting WiFi Indihome yang sangat penting dilakukan adalah dengan melakukan pengaturan Mode. Sinyal WiFi akan lebih lancar apabila menggunakan mode yang paling baru yaitu seri b/g/n. Melakukan pengaturan ini, pengguna harus memilih fitur Network kemudian WLAN dan terakhir klik Basic.

Fitur Network berada pada urutan kedua setelah fitur Status sehingga tidak akan sulit untuk dicari. Cara yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan memilih WiFI. Pemilihan channel sangat berpengaruh terhadap kelancaran dalam mencari sinyal. Jangan sampai memilih channel yang sama dengan lainnya karena jaringan akan semakin lemot. Channel yang masih kosong merupakan pilihan paling tepat.

4. Memilih Fitur Hide SSID

Saran yang tidak boleh disepelekan adalah apabila WiFi yang digunakan diperuntukkan hanya untuk lingkup keluarga, maka gunakanlah fitur Hide SSID. Keuntungannya adalah orang lain yang bukan keluarga tidak dapat mengakses WiFi yang ada di rumah. Tentu saja hal tersebut menjadikan jaringan semakin lancar.

Adanya Hide SSID ini mampu untuk melakukan autentikasi yang mencapai 2 kali dengan cara memasukkan SSIDnya, barulah kemudian password yang digunakan. Pengguna harus jeli dalam memasukkan password tersebut agar nantinya user dapat tersambung dengan baik ke internet.

5. Membatasi Jumlah Pemakai

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk melakukan pengaturan agar jaringan dapat digunakan secara maksimal adalah membatasi jumlah penggunanya. Pastikan yang menggunakan jaringan ini hanya lingkup keluarga saja dan jangan membocorkan kata sandi dari sambungan WiFi.

Melakukan pembatasan sambungan ini mudah sekali dilakukan yaitu dengan memilih fitur Network kemudian WLAN dan terakhir klik SSID Settings. Carilah Maximum Client yang ada pada kotaknya. Tulislah angka yang sesuai dengan jumlah keluarga yang ada di rumah. Jika sudah selesai silahkan klik tombol Submit yang ada pada bagian bawahnya. Pastikan pengguna tidak salah memencet tombol Cancel.

Cara setting WiFi Indihome yang telah dijelaskan di atas dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu meminta bantuan dari tukang pasang WiFinya. Hal tersebut tentu saja akan lebih menghemat biaya dan proses pengerjaannya pun cenderung akan lebih cepat. Pahamilah setiap caranya dengan seksama agar ketika mulai eksekusi tidak merasa kesusahan.