Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Paralel Router Wifi Indihome Hanya 5 Menit

Membuat paralel router WiFi tentu lumayan susah sehingga harus mencari ilmunya terlebih dahulu. Umumnya, untuk menyambung router tersebut harus memiliki 2 router dengan jenis yang berbeda agar dapat dijadikan dua bagian yaitu primer dan sekunder. Berikut ini merupakan cara paralel router WiFi Indihome yang bisa dilakukan:

cara paralel router wifi indihome

1. Menyambungkan Kedua Kabel

Cara yang bisa dilakukan oleh pengguna pertama kali adalah dengan menggabungkan dua kabel yang telah disediakan. Umumnya, kabel tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Kabel pertama digunakan untuk menerima sinyal dan kabel kedua digunakan sebagai sumber internet. Jangan sampai pengguna kebalik dalam memahami fungsi tersebut karena akan berdampak fatal.

Pengguna harus memasukkan kabel yang digunakan sebagai sinyal internet ke dalam lubang yang terdapat tulisan LAN. Kabel yang satunya yaitu yang berfungsi untuk mencari sinyal harus dimasukkan ke dalam lubang WAN atau sering disebut sebagai internet. Pastikan pengguna tidak salah dalam memasukkan kedua kabelnya.

2. Melakukan Pengaturan

Melakukan cara paralel router WiFi Indihome poin pertama saja sudah dapat membuat WiFi Indihome memancarkan sinyal internet. Sinyal tersebut dapat digunakan sesuai dengan keperluan. Beberapa kasus menunjukkan bahwa seringkali terdapat kendala apabila tidak dilakukan pengaturan. Kendala yang sering terjadi adalah salah satu router tidak bisa memancarkan sinyal dengan baik.

Pengguna pun akan merasa kesusahan karena sinyal internet menjadi tidak stabil dan limited akses. Lakukanlah pengaturan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan dan jangan sampai melenceng sedikit pun. Apabila merasa bingung, silahkan tanya kepada orang yang sudah ahli dalam hal pemasangan WiFi Indihome.

3. Sambungkan Dengan Komputer

Poin ini perlu dilakukan apabila pengguna masih mengalami sinyalnya sangat sedikit sehingga susah untuk melakukan pencarian di Google. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungkan router sebagai penerima sinyal ke komputer ataupun HP yang dimiliki. Sambungan yang dilakukan dapat dengan mengaktifkan jaringan WiFi.

4. Mengetahui IP Address

Pengaturan yang dilakukan tidak terlepas dari IP Address yang dimiliki oleh setiap routernya. Temukan terlebih dahulu IP Address dari masing-masing router agar lebih mudah untuk melakukan pengaturan. Pengguna pun tak perlu khawatir karena setiap router tersebut akan disediakan nama pengguna beserta kata sandinya.

Lihatlah pada bagian bawah router. Tempat tersebut paling sering digunakan sebagai letak nama pengguna dan kata sandinya. Pengguna yang tidak menemukannya, dapat melihat melalui buku panduan yang telah disediakan. Umumnya, username dan juga password tidak jauh dari kata “admin”.

5. Melakukan Login

IP Address yang telah ditemukan harus segera diproses yaitu dengan melakukan login ke website resminya. Masukkanlah IP Router yang telah ditemukan pada laman pencarian, kemudian jangan lupa pula untuk login menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Pastikan memasukkan kedua poin tersebut sudah benar.

Tersedia banyak sekali menu pada laman tersebut, pengguna hanya perlu fokus pada menu Network saja. Berhubung yang bermasalah pada bagian akses internetnya, maka pengguna perlu klik Internet Acces dan terakhir klik WAN Only. Cara ini dilakukan apabila saat awal menyambungkan memang terdapat masalah sinyal sehingga perlu dilakukan pengaturan.

Cara paralel router WiFi Indihome tersebut tidaklah sulit apabila pengguna memahaminya dengan baik. Apabila memang masih bingung, silahkan dapat belajar mengenai Youtube yang menyediakan banyak sekali tutorial memasang WiFi. Jangan patah semangat dalam berusaha karena pengguna pun bisa melakukannya sendiri tanpa harus mengeluarkan uang untuk memanggil jasa pasang WiFi. Selamat mencobanya di rumah.