Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Langkah dalam Cara Mengganti Kata Sandi Email Paling Mudah

Di masa yang serba digital, kini keberadaan email atau surat elektronik sangat berguna dan lebih memudahkan untuk mengirimkan dokumen. Biasanya untuk menjaga keamanan akun, akan lebih baik untuk mengubah kata sandi setiap beberapa waktu sekali. Akan tetapi, apakah pemilik akun sebenarnya sudah tahu cara mengganti kata sandi email yang paling mudah untuk diikuti dan dilakukan?

cara mengganti kata sandi email

Kata sandi yang bersifat rahasia memang memerlukan beberapa langkah tertentu sebelum menggantinya untuk memastikan kebenaran pengguna. Hal ini akan semakin sulit apabila pengguna lupa kata sandi email yang dimilikinya dan mungkin menghambat pekerjaan. Oleh karena itu, ada cara mengganti kata sandi email yang akan dijelaskan secara rinci dalam pembahasan sebagai berikut:

1. Masuk Ke Akun Email

Langkah pertama adalah masuk ke akun email yang akan diubah kata sandinya, mungkin karena beberapa alasan tertentu seperti pernah dihack. Terlebih lagi email merupakan akun pokok yang digunakan untuk mendaftar aplikasi misalnya media sosial hingga perbankan. Untuk itu, jangan sampai ada yang meminta atau bahkan mengetahui kata sandi email penting.

Lebih mudah untuk log in akun email melalui komputer atau laptop, namun cara mengganti kata sandi email dapat dilakukan melalui smartphone. Kemudian ketik pada bar pencarian sesuai layanan email yang digunakan seperti Gmail atau Yahoo. Khusus untuk pengguna Gmail, mengubah kata sandi email berarti secara otomatis untuk mengubah password pada akun Google. 

2. Kunjungi Menu Pengaturan Pada Email

Setelah masuk ke akun email, langkah selanjutnya mengunjungi menu pengaturan yang berada di dekat foto profil email di kanan atas. Menu pengaturan berbentuk simbol seperti gir atau roda dan ketika diklik akan muncul berbagai pilihan menu. Pada bagian atas akan terdapat tulisan lihat semua pengaturan, nah klik tulisan tersebut untuk memilih menu lain yang disediakan.

Kemudian akan muncul layar baru yang berisi lebih banyak menu, kunjungi menu akun dan lihat pada ubah setelan akun. Pilih ubah sandi pada pilihan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga muncul tab baru secara otomatis. 

3. Buat Kata Sandi yang Baru

Setelah itu akan muncul tab baru yang mengharuskan pengguna menuliskan kata sandi yang baru namun pengguna mungkin perlu verifikasi akun. Berikutnya masukkan kata sandi yang baru dan sesuaikan dengan syarat yang dimiliki. Biasanya syarat tersebut mencakup jumlah kata minimal 8 digit, memiliki huruf kapital, dan menggunakan setidaknya 1 angka atau tanda.

4. Memasukkan Kata Sandi yang Baru

Setelah membuat kata sandi yang baru, ingat atau gunakan catatan akan lebih baik agar aku tetap aman. Masukkan kata sandi yang baru pada kolom selanjutnya sebagai konfirmasi kata sandi, jangan sampai salah dan harus benar-benar mirip. Klik ubah sandi dan tunggu prosesnya, apabila ada notifikasi kata sandi berubah yang dikirim melalui email maka perubahan berhasil.

5. Mencoba Masuk Ke Akun Email dengan Kata Sandi Baru

Langkah terakhir adalah sebagai cara saja untuk memastikan dan mengingat kembali apakah kata sandi bekerja atau tidak. Selain itu, biasanya setelah mengubah kata sandi maka pemilik akun akan diminta untuk memasukkan kembali password terbaru. Cara lain yang akan lebih memudahkan proses ini adalah dengan memilih setuju ketika ada notifikasi untuk mengingat kata sandi atau tidak. 

Setelah mengetahui tahap dari cara mengganti kata sandi email sesuai penjelasan tersebut, mungkin kini waktunya untuk mencoba. Ketika mengalami masalah atau kendala, coba perhatikan tahapnya secara lebih rinci atau mengunjungi pertanyaan pada akun Google. Demikian penjelasan yang telah disampaikan dan semoga dapat bermanfaat untuk mengetahui cara untuk mengubah password email.