Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Aplikasi Sebagai Cara Mengembalikan File yang Hilang Di Flashdisk Lewat Android Paling Mudah

Dokumen, file, foto, video adalah sedikit dari beberapa contoh dari data yang seringkali sangat dibutuhkan untuk pekerjaan dan kebutuhan sehari-hari. Sayangnya data ini sangat rentan untuk terhapus yang terjadi secara tidak sengaja, sehingga menimbulkan kepanikan tersendiri. Misalnya pada flashdisk datanya tiba-tiba hilang, butuh cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat Android yang lebih mudah.

cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat android

Seperti yang diketahui, flashdisk merupakan media sarana untuk memindahkan atau mengumpulkan data dari satu perangkat ke perangkat lain. Akan tetapi, penggunaan flashdisk juga tidak boleh digunakan pada terlalu banyak perangkat karena rentan virus. Berikut ini ada beberapa cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat Android yang dapat langsung dilakukan dengan beberapa rekomendasi, yaitu:

1. Memanfaatkan Google Photos

Rekomendasi media pertama yang dapat digunakan sebagai cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat Android adalah Google Photos. Ketika flashdisk sedang tersambung pada Android dan tidak sengaja ada foto yang terhapus maka dapat dikembalikan. Caranya adalah coba untuk masuk ke dalam file trash dan lihat apakah foto diback up secara otomatis atau tidak.

2. Melihat Platform Aplikasi Recuva

Sebenarnya penggunaan aplikasi ini dapat digunakan di komputer dan smartphone pengguna serta dapat digunakan seluruh fiturnya secara gratis. Pengunduhan aplikasi juga tersedia secara gratis, tanpa perlu biaya tambahan apapun untuk aplikasi. Akan tetapi, beberapa pengguna mungkin akan bingung untuk mengoperasikannya dan butuh waktu untuk membaca serta memahami cara penggunaannya.

3. Menggunakan Aplikasi Doctor for Android

Untuk menggunakan aplikasi Doctor for Android juga sangat mudah dan tidak berbeda jauh dibanding aplikasi lainnya. Awalnya, pembaca harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu kemudian hubungkan dengan flashdisk menggunakan kabel OTG atau lainnya. Setelah itu buka aplikasi Doctor for Android dan tunggu prosesnya, akan muncul banyak file sampah yang dapat dikembalikan atau restore.

4. Memanfaatkan Google Drive Pada Android

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan Google Photos, namun data yang dapat disimpan terdiri dari dokumen, file, foto, video, dan format lainnya. Aplikasi ini juga akan ada pada setiap smartphone Android karena memang berupa aplikasi bawaan meskipun dapat dihapus. Akan tetapi, pengguna harus tahu bahwa Google Drive memiliki batasan kapasitas 15 GB untuk versi pemakaian gratis.

Pada sisi lain, jika ingin menggunakannya juga tersedia versi berbayar yang akan meningkatkan batasan kapasitas sesuai item yang dipilih. Berhubungan atas hal tersebut, jangan sedih bagi pengguna Google Drive karena semua fiturnya dapat digunakan.

5. Menggunakan Aplikasi Android Data Recovery

Untuk menggunakan Android Data Recovery sebenarnya tidak terlalu sulit, namun membutuhkan ketelitian pengguna. Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi Wondershare yang khusus digunakan pada mobile phone yaitu Android, Kemudian hubungkan flashdisk dengan smartphone sambil membuka aplikasi, lalu pilih menu yang dibutuhkan untuk mengembalikan data yaitu recovery. 

6. Memanfaatkan Disk Digger

Mungkin tidak seluruh pengguna atau pemilik smartphone dapat menggunakan aplikasi Disk Digger sebab memang membutuhkan syarat tertentu. Biasanya untuk Android memiliki sistem operasi yang terbaru dan RAM serta penyimpanannya mendukung. Selain itu, kelebihan aplikasi Disk Digger adalah dapat digunakan secara gratis termasuk seluruh fitur yang dimilikinya.

Perlu diketahui juga sebenarnya hal apa yang menyebabkan data pada flashdisk tiba-tiba hilang karena mungkin saja kejadian serupa akan terjadi. Terlebih lagi jika ada virus yang masuk ke dalam flashdisk yang diakibatkan karena penggunaan perangkat berlebihan. Semoga pembahasan mengenai cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk lewat Android akan bermanfaat dan membantu pembaca.