Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Di Android Tanpa Ribet

Ponsel Android umumnya sudah cukup banyak dan juga dari berbagai macam Kalangan. Sebagai Daily driver ponsel Android pastinya memiliki banyak aplikasi yang penting dan digunakan secara sering oleh penggunanya. Oleh karena itu, pasti sedikit sulit rasanya jika aplikasi dalam HP Android yang dimiliki terhapus. Berikut ini akan membahas cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Android mudah dan juga cepat.

cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di android

Aplikasi-aplikasi yang digunakan pada ponsel tentu sangat penting jika menyangkut dengan kegiatan sehari-hari. Pastinya akan cukup mengganggu jika tiba-tiba aplikasi tersebut terhapus.

Untungnya sejumlah perangkat ponsel memiliki cara untuk mengembalikan aplikasi tersebut, termasuk juga perangkat ponsel dari Android. Ada sejumlah cara yang cukup mudah dan bisa digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang hilang, berikut pembahasannya:

1. Install Ulang Aplikasi

Pembahasan pertama terkait cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Android diantaranya adalah melalui Install ulang. Sejumlah aplikasi yang bisa diunduh untuk ponsel Android biasanya akan bisa diunduh kembali jika terhapus atau juga dihapus. Install ulang atau mengunduh kembali aplikasi yang sudah terhapus ini adalah cara yang paling simpel dari cara yang lain.

Pengguna tinggal mengunjungi Playstore dan mencari aplikasi mana yang dibutuhkan dan mengunduhnya kembali. Hal yang perlu disiapkan adalah ketersediaan ruangan dan paket data internet. Namun kelemahan yang akan dirasakan adalah data dari aplikasi sebelumnya pasti hilang dan aplikasi tersebut kembali ke keadaan awal baru. Bisa saja data kembali jika ada Backup

2. Aktifkan Aplikasi Lewat Playstore

Selain menyediakan aplikasi untuk diunduh oleh pengguna, Playstore juga merekam sejumlah aktivitas pasang dan lepas aplikasi pada ponsel. Jika akun Google ponsel Android terhubung dengan Playstore maka aktivitas tersebut akan terekam.

Oleh karena itu untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus bisa menggunakan data tersebut. Cara yang dilakukan adalah pergi ke bagian garis 3 di atas, pilih ‘aplikasi dan game’, kemudian pilih menu ‘koleksi’. Disitu ada sejumlah aplikasi yang terhapus, pengguna bisa mulai aktifkan dengan menekan ‘Install’

3. Mengembalikan Aplikasi Melalui Pengaturan Ponsel

Pengaturan pada ponsel juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan aplikasi yang telah terhapus. Pengguna bisa mengaktifkan aplikasi terhapus di bagian manajemen aplikasi pada ponsel. Namun ada sejumlah catatan penting saat penggunaan cara ini.

Ada kemungkinan cara ini tidak dapat digunakan jika sejumlah memori aplikasi dihapus. Selain itu sejumlah ponsel Android tertentu juga tidak menyimpan data terkait aplikasi yang telah hilang atau terhapus.

4. Menggunakan Aplikasi Backup Restore Transfer

Cara yang selanjutnya ini menggunakan bantuan dari aplikasi lain. Aplikasi yang digunakan adalah Backup Restore Transfer. Langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi tersebut
  • Pilih bagian dengan garis 3
  • Masuk ke bagian setting
  • Centang bagian “Auto Backup Notify” dan “Auto Backup”
  • Setelah ini semua data telah tersalin, pengguna tinggal memilih aplikasi mana yang mau diaktifkan kembali.

5. Mengaktifkan Aplikasi Bawaan Yang Terhapus

Ponsel baru biasanya sudah ada sejumlah aplikasi bawaan yang diberikan. Jika aplikasi ini terhapus maka cara untuk mengembalikan nya agak berbeda dari aplikasi biasanya. Pada dasarnya aplikasi bawaan tidak mudah dihapus, jadi jika terjadi aplikasi yang tiba-tiba hilang maka bisa lebih mudah dikembalikan.

Pengguna tinggal ke bagian manajemen aplikasi, mengaktifkan ikon dan mengaktifkan aplikasi kembali. Setelah nya aplikasi tersebut akan muncul kembali di layar ponsel dan bisa digunakan kembali.

Itulah sejumlah pembahasan mengenai cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Android tanpa kesulitan. Langkah dari cara-cara di atas bisa dijalankan dengan mudah. Pengguna bisa memilih mana cara yang cocok dan juga sesuai kebutuhan. Akhir kata semoga informasi ini bisa membantu masalah aplikasi yang sedang dihadapi.