Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menambah Router Wifi untuk Memperluas Jaringan Internet

Router Wifi perlu ditambah sehingga bisa menjangkau jaringan ke tempat yang lebih luas. Sinyal internet akan lebih kuat dan bisa diakses dari tempat yang lumayan jauh dari sumber internet dipasang. Penambahan router Wifi bisa dilakukan di beberapa tempat, misalnya sekolah, kantor, maupun rumah. Inilah cara menambah router Wifi dengan mudah:

cara menambah router wifi

1. Menyiapkan Router Utama dan Router Sekunder

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan router utama dan sekunder terlebih dahulu. Router utama adalah komponen yang dihubungkan dengan modem dan stop contact, sedangkan router sekunder berguna untuk memperluas jangkauan internet.

Penggunaan dua komponen router yang lengkap dan memadai tentu sangat dianjurkan. Gabungan antara router utama dan sekunder berguna untuk meningkatkan kualitas perangkat sebagai penyalur internet. Jaringan LAN maupun WAN bisa dikendalikan oleh router sekunder,

2. Menentukan Jenis Jaringan Router Sekunder

Jika ingin memperluas jaringan Wifi dengan menggunakan router sekunder, maka bisa menerapkan jenis jaringan LAN ke LAN. Pasalnya, ada beberapa jenis jaringan yang biasa dipakai, yaitu jaringan LAN ke LAN dan LAN ke WAN. Cara menambah router Wifi menggunakan jaringan LAN ke LAN berguna untuk menyebarkan jaringan yang lebih luas.

Jaringan LAN ke LAN berperan untuk berbagi dan bertukar berkas dengan perangkat lain. Caranya adalah dengan menghubungkan perangkat melalui kabel jaringan LAN. Adapun jaringan LAN ke WAN lebih memungkinkan untuk memberikan sebuah batasan antara komputer dengan perangkat lain yang terhubung.

3. Mengatur Router Utama

Cara menambah router Wifi selanjutnya adalah mengatur bagian router utama. Sebelum disalurkan dengan router sekunder, maka router utama harus di-setting terlebih dahulu. Hubungkan router utama menggunakan kabel LAN pada perangkat komputer. Selanjutnya lakukan pengaturan seolah-olah hanya akan menggunakan satu router utama saja.

Ubahlah pengaturan DHCP dengan alamat IP yang sesuai. Jika pengguna ingin mengubah tipe jaringan LAN ke LAN, maka cukup mengaturnya ke layanan DHPC default. Setelah proses setting telah dilakukan, maka selanjutnya jangan lupa untuk memutuskan koneksi antara perangkat komputer dengan router.

4. Mengatur Router Sekunder

Setelah mengatur router utama, langkah berikutnya adalah mengatur router sekunder. Cara mengatur router sekunder cukup mudah. Pengguna perlu menghubungkan router kedua ini dengan perangkat komputer maupun laptop terlebih dahulu.. Atur juga alamat IP pada router sekunder yang selaras dengan pengaturan router utama.

Keselarasan antara pengaturan router utama dengan router sekunder harus sama agar nantinya jaringan internet bisa berfungsi secara optimal. Apabila router utama menggunakan jaringan LAN ke LAN, maka router sekunder juga harus menggunakan jaringan tersebut. Jangan lupa juga untuk mematikan layanan DHCP yang ada pada router sekunder.

5. Menghubungkan Router Utama dan Router Sekunder

Langkah yang terakhir sebagai bagian dari cara menambah router Wifi adalah menghubungkan antara router utama dengan router sekunder. Kedua router bisa dihubungkan menggunakan kabel LAN. Terdapat empat slot LAN pada router utama. Cukup sesuaikan slot mana saja sesuai tujuan penggunaan.

Pada router sekunder, kabel LAN dihubungkan pada bagian slot router. Sama halnya dengan router utama, ada beberapa lubang slot sesuai nama dan jenis masing-masing. Hubungkan kabel LAN pada slot yang ada tulisan internet/ WAN. Pada umumnya, terdapat dua atau lebih slot tergantung masing-masing jenis router yang digunakan.

Demikian ulasan mengenai cara menambah router Wifi dengan mudah. Nikmati jaringan internet yang lebih luas dengan menghubungkan router utama dengan router sekunder. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba cara ini.