Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah

Penggunaan komponen pendukung seperti hardisk memang sangat membantu menyimpan data. Salah satu kendala yang sering dijumpai pengguna saat menggunakan komponen harddisk adalah perangkat yang tidak terbaca. Untuk mengatasinya, berikut ini akan diulas mengenai cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca yang mampu mengatasi kendala tersebut, diantaranya sebagai berikut:

cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca

1. Ganti Kabel USB Yang Digunakan

Kabel USB yang menjadi penghubung antara komponen hardisk dengan komputer ternyata dapat menjadi penyebab munculnya kendala saat menghubungkan dua perangkat. Hal ini dapat disebabkan karena kabel penghubung yang digunakan sudah rusak dan longgar sehingga hardisk tidak dapat terbaca oleh komputer. Pengguna dapat mencoba menghubungkan dengan menggunakan USB lainnya.

Apabila komputer dapat mendeteksi perangkat hardisk maka kabel USB yang digunakan sudah tepat. Adapun cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca walaupun sudah mengganti kabel USB adalah hubungkan USB pada bagian port lainnya. Komputer atau laptop biasanya terdiri dari beberapa port yang tersedia sehingga pengguna dapat menghubungkan perangkat tambahan.

2. Bersihkan Casing Hardisk

Cara ini memang terbilang sangat mudah agar bisa memperbaiki kendala dimana perangkat hardisk yang tidak terbaca. Perangkat seperti hardisk biasanya dilindungi casing eksternal untuk menjaga komponen di bawahnya.

Apabila casing pada perangkat hardisk mengalami kerusakan biasanya komponen di bawahnya juga akan bermasalah. Pengguna juga dapat memeriksa di bagian konektornya karena di komponen ini sering digunakan untuk menghubungkan perangkat.

3. Ubah Pengaturan Letter Hardisk

Saat suatu perangkat terhubung dengan komputer biasanya pengguna akan menemukan perangkat baru yang berhasil terhubung. Pengguna dapat menemukan aktivitas ini melalui file explorer di sisi kiri paling bawah.

Apabila perangkat berhasil terhubung nantinya di halaman tersebut terdapat perangkat E, F, G, ataupun lainnya yang sering dikenal sebagai letter hardisk. Pengguna dapat mengatasi perangkat yang tidak terbaca melalui disk management khususnya opsi letter hardisk.

4. Periksa Bagian Driver Hardisk

Kendala yang muncul saat menggunakan perangkat seperti hardisk dapat terjadi akibat sistem driver yang bermasalah. Munculnya masalah dari sistem driver dapat menyebabkan perangkat hardisk tidak terbaca sehingga pengguna tidak dapat mengakses file yang terdapat pada komponen tersebut. Apabila hardisk tidak terbaca akibat dari sistem driver maka pengguna dapat mengatasi kendala ini dengan memeriksa langsung pada sistem driver.

Pengguna dapat mengakses driver terlebih dahulu dengan meng-klik menu Start dan pilih Device Manager. Di bagian ini biasanya akan muncul opsi perangkat hardisk yang belum terhubung dan ditandai dengan notifikasi warna kuning.

Apabila pengguna melihat notifikasi tersebut pada opsi perangkat yang terhubung maka selanjutnya pengguna dapat meng-klik opsi properties dan lakukan update driver. Masalah ini akan teratasi setelah pengguna melakukan restart komputer untuk memastikan sistem driver.

5. Ubah Pengaturan Melalui Disk Management

Pengguna dapat mengatasi masalah yang terjadi pada komponen hardisk yang terhubung dengan memeriksa dan menyesuaikan langsung pada sistem Disk Management ini. Di bagian ini terdapat beberapa opsi komponen hardisk yang terkoneksi dengan perangkat.

Pada tahap ini pengguna diharuskan untuk melakukan format terlebih dahulu terhadap komponen yang terhubung. Pengguna dapat memilih opsi Change Drive Letter and Path untuk melanjutkan perbaikan sistem.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca yang mampu mengatasi kendala tersebut. Hardisk merupakan komponen pendukung yang cukup sensitif sehingga mudah mengalami kendala dan kerusakan. Pengguna yang memiliki perangkat ini diharapkan untuk berhati-hati saat menggunakan perangkat yang satu ini.