Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Performa Lancar Lagi, Berikut Cara Hapus Cache di HP Samsung dengan Mudah

Menumpuknya cache bukan hanya membuat HP menjadi lemot, namun juga memakan ruang penyimpanan. Tentu, salah satu untuk mengatasinya adalah cache di HP dihapus. Bagi pemilik HP Samsung dapat melakukan cara hapus cache di HP Samsung. Untuk melakukannya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

cara hapus cache di hp samsung

Banyaknya data yang diproses aplikasi, sistem, hingga program yang ada di perangkat dapat membuat data cache makin membengkak. Supaya performa HP Samsung awet dan terjaga. Berikut cara yang dilakukan untuk hapus cache HP Samsung:

1. Melalui Device Care

Cara pertama yang dilakukan untuk menghapus cache di HP Samsung adalah melalui device care. Pertama, pengguna dapat membuka pengaturan di HP Samsung. Lalu, cari menu device care dan pilih.

Pengguna akan diarahkan ke tampilan berikutnya. Kemudian, ketuk pilihan storage atau penyimpanan. Selanjutnya, tombol clean now ditekan. Maka, data berupa cache, file sampah, dan lain-lain akan terhapus.

2. Hapus Cache HP Samsung dengan Cara Manual

Pengguna dapat memanfaat cara manual tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Caranya dengan menghapus data cache pada tiap aplikasi yang ada di HP Samsung. Pertama, arahkan HP ke menu setting dan tentukan aplikasi yang akan dipilih. Kemudian, pengguna akan ditampilkan beberapa menu dan tekan penyimpanan atau storage. Lalu, tombol hapus memori dipilih.

3. Melalui File Manager

Cara hapus cache di HP Samsung juga dapat diterapkan dengan mudah via file manager. Pengguna bisa memulainya dari file berupa gambar, video, dan lain-lain. Caranya mudah ini dilakukan dengan menekan File manager, biasanya ada folder Samsung yang tersimpan didalamnya, selanjutnya My Files.

Langkah ini sangat gampang, apalagi file manager biasanya kurang diperhatikan. Kinerja HP Samsung akan kembali normal dan bekerja cepat. Cara ini juga tidak memerlukan aplikasi tambahan yang harus diunduh di HP.

4. Menggunakan Files by Google

Menghapus data cache di HP Samsung juga dapat dilakukan via aplikasi buatan Google bernama Files by Google. Keunggulan aplikasi ini adalah dapat mendeteksi data cache lebih cepat. Menariknya, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur backup file ke cloud dan file dibagikan secara offline.

Performa HP akan meningkat secara maksimal dengan fitur yang disediakan di aplikasi ini. Aplikasi berukuran 6,1 MB ini dapat diunduh bagi semua jenis tipe HP Android yang memiliki sistem operasi Android 5.0 ke atas. Ruang penyimpanan jadi lebih longgar dan kinerja HP jadi lebih cepat, bukan?

5. Gunakan CCleaner

Aplikasi besutan Piriform ini sudah populer untuk menghapus data cache dan file sampah. Pastinya, hadirnya aplikasi ini membuat performa HP menjadi lebih lancar. Menariknya, aplikasi ini dibekali kemampuan khusus untuk menganalisis memori yang ada di HP.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur hibernasi yang dapat menjadikan aplikasi tidak berjalan di background. Aplikasi berukuran 17 MB ini telah memperoleh unduhan mencapai 100 juta lebih pengunduh. Tertarik menggunakannya?

6. Bersihkan Melalui Avast Cleanup

Aplikasi ini terkenal dengan kemampuan anti virusnya. Namun, Avast juga memiliki aplikasi yang dapat menghapus cache dan file sampah di HP Samsung bernama Avast Cleanup. HP akan bersih dari data cache dan file sampah dengan memanfaatkan fitur Quick Clean. Untuk mengunduh aplikasi ini dapat menyiapkan memori penyimpanan sebesar 16 MB.

Itulah cara hapus cache di HP Samsung yang dapat diterapkan dengan mudah. Pengguna dapat memilih cara manual atau memanfaatkan aplikasi tambahan. Kinerja HP akan lebih lancar dan cepat. Semoga membantu!