Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Ganti IP Address di Perangkat Windows dan Android

Setiap perangkat, baik komputer atau smartphone pasti mempunyai identitas dalam suatu jaringan. Artinya, yang mana itu digunakan server untuk mengetahui alamat perangkat yang digunakan tersebut. Supaya proses internet lebih lancar, kadang beberapa orang mencari cara ganti IP Address. Seperti menggantinya dengan server negara lain yang kecepatan internetnya lebih tinggi.

cara ganti ip address

Mengganti IP Address di Windows

Yang pertama yaitu mengganti alamat IP yang ada di sistem operasi Windows. Sebenarnya caranya tidaklah sulit. Hanya saja perlu memperhatikan beberapa bagian sehingga nanti saat berselancar lebih lancar. Ada tiga cara mudah yang dapat dicoba. Berikut ini penjelasannya:

1. Menggantinya Melalui Control Panel

Melalui Control Panel, pengguna sistem operasi Windows 7, 8, 10, dan XP dapat mengganti alamat IP-nya. Langkah pertama yang harus dilakukan tentu pergi ke menu tersebut. Setelah jendela baru ditampilkan, tekan pilihan Local Area Connection Stats. Selanjutnya, bisa memilih pada menu Properties. Nantinya pengguna akan diarahkan ke tampilan yang baru.

Pada jendela tersebut, pilih di bagian TCP/IPv4 atau Internet Protocol Version 4, lalu pergi lagi ke Properties. Untuk mulai menentukan IP Address yang baru, bisa menggantinya di menu Use the Following IP Address. Terakhir, pergi ke Pengaturan (Settings). Yang perlu diperhatikan, bagian paling belakang harus berupa ratusan.

2. Menggantinya Melalui Network and Sharing Center

Tidak jauh berbeda, di sini pengguna juga bisa mengganti alamat IP melalui fitur bawaan di perangkat. Carilah ikon berupa jaringan yang berada di sisi bawah desktop. Lalu buka Network and Sharing Center. Cara ini dapat dilakukan pula dengan menekan tombol Windows dan R bersamaan. Setelahnya ketikkan exe/nameMicrosoft.NetworkAndSharingCenter dan tekan Enter.

Setelah itu, pengguna harus menuju ke jendela Change Adapter Settings. Tentukan router mana yang akan diubah IP Address-nya lalu klik kanan. Tekan dua kali pada menu TCP/IPv4 dan mulai lakukan pergantian. Langkah terakhir, ketikkan alamat IP yang baru dan pilih OK.

Mengganti IP Address di Smartphone Android

Bukan hanya di komputer, cara ganti IP Address juga dapat dilakukan oleh para pengguna smartphone android. Langkah yang akan dilakukan lebih sederhana daripada di sistem operasi Windows. Ada tiga cara yang dapat dicoba sendiri di rumah. Bacalah uraiannya di bawah ini:

1. Mematikan Data Internet

Siapa sangka kalau alamat IP bisa diubah dengan sangat mudah? Yaitu hanya dengan mematikan data internet melalui menu di bar. Tapi sebelumnya, pastikan kalau data seluler benar-benar menyala. Lalu setelah dimatikan, tunggu sekitar 10 detik. Setelah itu bisa dinyalakan kembali. Nantinya secara otomatis perangkat akan memproses IP Address yang baru.

2. Me-restart Perangkat

Alamat IP juga bisa berubah setelah perangkat dimulai ulang alias di-restart. Hampir semua smartphone android memiliki cara yang sama. Yaitu dengan menekan lama pada tombol power dan memilih menu Restart. Namun sebelum itu, coba catat IP Address sebelumnya. Agar saat handphone menyala bisa dibandingkan.

3. Mengganti DNS

Mengubah Domain Name System kemungkinan besar juga akan menggantikan alamat IP lama dengan yang baru. Sehingga sinyal yang didapatkan nanti lebih kuat dari sebelumnya. Caranya yaitu pergi ke menu Settings. Selanjutnya pilih Jaringan & Seluler dan tekan profil internet yang sedang digunakan. Tinggal ganti DNS dan simpan jika sudah selesai.

Itulah penjelasan tentang cara ganti IP Address melalui perangkat komputer Windows dan smartphone android. Hal ini memang diperlukan oleh beberapa orang untuk tujuan tertentu. Seperti meningkatkan kecepatan internet dengan menggunakan server yang baru.