Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Ganti Background Video di Ponsel Android

Pengeditan gambar gerak atau video sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi demi menghasilkan konten yang bagus dan enak dipandang. Cara ganti background video adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan setelah melakukan perekaman dengan baik. Dengan cara kreatif, para pemain video games telah mengganti latar belakang dari video dirinya sendiri yang sedang bermain game dengan latar belakang game itu sendiri.

cara ganti background video

Bagaimana cara membuat video kreatif seperti itu? Ternyata pembuat video bisa melakukannya dengan mudah hanya dengan memakai ponsel android. Ada satu hal yang harus diketahui, agar bisa diedit, background dari video asli sebaiknya polos, contohnya biru polos, putih saja, dan sebagainya, sebab latar belakang hanya bisa diubah jika aslinya polos. Simak penjelasan berikut ini:

1. Memakai Apps Kinemaster 

Kinemaster ialah aplikasi edit video populer yang bisa dipakai sebagai cara ganti background video. Jika belum punya aplikasi ini bisa diunduh dulu. Setelah apps diunduh buka aplikasi ini lalu memilih menu kosongkan proyek untuk memulai sebuah proyek yang baru. Carilah tombol yang berlabel media browser, pengguna akan dibawa ke tempat penyimpanan video di ponselnya. Pilihlah video yang mau diubah backgroundnya.

Sesudah memilih background pengganti, tekan tombol layer diikuti dengan klik video, lalu pilih kembali video yang akan diubah backgroundnya. Buat layer pada video aktif, setelah itu memilih fitur Chroma Key. Aturlah warna background video. Langkah ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya warna background asli tidak terlihat.

Bila mau menghilangkan semua background video asli, ubahlah tingkat transparansi sampai batas paling maksimal. Bila yang diinginkan mengubah warna di background, pengguna bisa memilih warna yang diinginkan di layer. Sesudah itu pengguna bisa memilih menu Export lalu tinggal tunggu sampai video yang backgroundnya mau diganti selesai diproses.

2. Memakai Apps Filmora 

Aplikasi editing video yang tidak kalah populer ialah Filmora. Kelebihan apps ini adalah  kemudahan pemakaiannya. Unduhlah dahulu bisa belum memiliki aplikasi ini di ponsel android.Kemudian buka apps. Pilih menu File guna memasukkan video dan mengawali proses editingnya. Setelah itu tekan Import Media di menu file.

Setelah mengimpor video, memasukkan video pada timeline lalu pilih tombol Advanced Edit. Sesudah itu buka menu Effect diikuti dengan memilih Clip Transparent. Agar latar belakang video bisa diganti atur dulu tingkat intensitas sampai 100% kemudian dilapisi dengan video lain sebagai latar belakang yang baru. Klik Export Video dan ketikkan judul video sesuai yang dimau. 

3. Memakai Apps Power Director 

Cara ganti background video berikutnya adalah memakai apps Power Director. Sesudah diunduh, buka apps ini dan pilihlah menu yang bertuliskan "Make New Project" langsung saja masukkan judul video, rasio atau ukuran dari video kemudian diikuti masuk pada timeline. Input video pada timeline dengan cara menekan menu dengan gambar clip video.

Lalu klik fitur dengan gambar kunci chroma diikuti dengan pengaturan intensitas ketransparanan sampai latar belakang  video asli tidak kelihatan lagi. Selanjutnya pilih menu 'Export' dan selesailah sudah. Langkah selanjutnya tinggal menunggu sampai video yang sudah diedit tersimpan di dalam memori android.

4. Memakai Apps Viva Video 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengganti latar belakang suatu video adalah dengan memanfaatkan apps Viva Video. Instal dahulu lalu buka aplikasi dan sentuh menu 'Edit'. Pilihlah video yang mau diganti latar belakangnya. Klik 'background video' sampai muncul pilihan menu guna mengatur kadar transparansi. 

Aturlah kadar transparansi sampai latar belakang asli video menghilang. Sesudah itu, ulang langkah awal guna menginput video atau gambar yang akan dijadikan sebagai latar belakang baru kemudian tariklah pada layer yang baru di timeline. Aturlah posisi latar belakang sesuai yang dimau lalu pilihlah menu 'Ekspor Galeri' guna save video baru hasil editing.

5. Memakai Situs Unscreen.com

Bagi pemakai Android yang ingin tahu cara ganti background video tetapi tak punya layar hijau, bisa melakukan proses editing dengan cara online lewat kunjungan ke situs website unscreen.com. Buka situs ini memakai peramban lalu pilih unggah klik guna memasukan video. Setelah video diunggah, klik pada latar belakang video yang mau diganti.

Pada bagian halaman Unscreen, pengguna memang akan mendapatkan berbagai pilihan objek guna mengganti latar belakang video. Pengguna memang jadi punya banyak pilihan dengan website ini.

Itulah tadi lima cara ganti background video hanya dengan memanfaatkan ponsel android. Ternyata hasilnya tidak kalah dengan mengedit melalui personal komputer. Dengan demikian mengedit latar belakang video bisa dilakukan kapanpun dengan praktis.