Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Android Lemot dan Restart Sendiri

 

Apa solusi untuk masalah andoid Setiap orang pasti punya masalah yang berbeda-beda, apa yang saya alami belum tentu sama dengan apa yang Anda alami. Faktor dari software juga bisa menjadi penyebab smartphone Android restart secara tiba-tiba. Untuk mengetahui penyebab dan solusinya, Anda bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.




Sebelum membahas cara cepat mengatasi hp android lemot, ada baiknya kalian ketahui banyak alasan kenapa hp android lemot. Penyebab hp lemot karena faktor usia seperti lama pemakaian, pemakaian, hingga faktor eksternal seperti guncangan, cipratan air, atau tekanan. Nah biar kalian tetap nyaman menggunakan hp android dan terbebas dari masalah lemot berikut saya memberikan tipsnya:

Ini bagus untuk ponsel Android tidak hanya selama digunakan. Namun kamu juga harus memperhatikan cara merawat HP kamu agar awet dan tetap kencang meski sudah dipakai lama. Sultan menyarankan agar Anda bisa melakukan tips berikut secara rutin agar hp Android Anda terbebas dari kelesuan. Oke berikut cara mengatasi hp android lemot.

1. Terlalu Banyaknya Menumpuk File Sampah

Setiap kali Anda membuka dan menjalankan aplikasi, tentunya akan menghasilkan file sampah atau file cache secara terus menerus.

2. Terjadi kegagalan fungsi pada aplikasi

Jika ada aplikasi yang error, muncul pesan error force close, maka ada kemungkinan smartphone android anda akan restart dengan sendirinya. File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak kompatibel membuat sistem Android sering error.

3. Kesalahan Sistem Android

Jika sistem Android mengalami kerusakan karena hal-hal tertentu, mungkin Anda tidak sengaja menghapus file sistem tersebut, maka secara tidak langsung hal ini menyebabkan sistem Android mengalami error.

4. Sistem Android Telah Di-Root

Root mungkin terlihat sangat bagus untuk pengguna, tetapi sebenarnya root tidak bagus untuk smartphone itu sendiri.

5. Overload pada Chipset dan Memori RAM

Terlalu berat atau terlalu berat bisa membuat hardware menyerah menangani semuanya. Banyaknya aplikasi yang Anda jalankan membuat perangkat keras tidak dapat melakukan semuanya.

Setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda-beda, untuk itu sebagai pengguna yang bijak Anda tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh smartphone Anda. Overload pada hardware utama seperti CPU, RAM dan memori GPU akan hang, dan pada akhirnya smartphone akan restart / shutdown sendiri.

6. Panas Berlebihan (Overheat)

Hardware yang terlalu panas sering terjadi pada baterai smartphone. Dan bila baterai sudah panas akan menyebar ke hardware lain seperti RAM, Processor, dan lainnya.

Semua jenis teknologi seperti smartphone didesain untuk restart sendiri ketika suhu hardware terasa sangat panas. Hal ini juga sering terjadi pada komputer, hardware komputer yang terlalu panas juga dapat mengakibatkan komputer melakukan restart sendiri.

7. HP sudah tua

Handphone yang berumur lebih dari 3 atau 4 tahun bisa dikatakan sudah tua, dan kualitas serta kinerja dari hardware smartphone itu sendiri sudah pasti mengalami penurunan.

8. Game (Beta)

Game versi beta atau versi uji coba dapat menyebabkan ponsel Android Anda memulai ulang dengan sendirinya. Mungkin game yang Anda instal tidak lengkap atau mungkin game yang Anda instal tidak kompatibel dengan sistem, menyebabkan kesalahan berturut-turut dan akibatnya dimulai ulang dengan sendirinya.

9. Perangkat Lunak Crash

Aplikasi bertabrakan biasanya terjadi di 2 antivirus atau game android. Tabrakan file dapat disebabkan oleh pembaruan yang tidak lengkap, menyebabkan file campur aduk dan sering terjadi kesalahan. Dan tidak menutup kemungkinan restart. Demikianlah ulasan tentang Cara Mengatasi Android Lemot dan Restart Sendiri semoga bermanfaat.