Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mencadangkan Data Ponsel Sebelum Penyetelan Ulang Pabrik

 Cara Mencadangkan Data Ponsel Sebelum Penyetelan Ulang Pabrik - Sebelum mengatur ulang atau mengembalikannya ke pengaturan default pabrik, Anda harus terlebih dahulu mencadangkan data ponsel cerdas.Jakarta - Biasanya jika smartphone mengalami masalah atau error, dan tidak mau repot, langkah yang kita lakukan adalah melakukan factory reset (reset pengaturan pabrik).Namun, sebelum mengatur ulang atau mengembalikannya ke pengaturan default pabrik, sebaiknya cadangkan data ponsel cerdas terlebih dahulu.



Banyak pengguna smartphone menyimpan beberapa foto, video, kontak, kalender, dan file penting lainnya yang disimpan secara lokal, dan biasanya membuat memori penuh. Namun, pengguna juga harus melakukan perawatan ponsel.Bagaimana cara mengecek apakah semua data di ponsel kita sudah di-backup dengan baik, sehingga kita bisa menghapusnya tanpa berpikir dua kali bahwa kita akan kehilangan file penting nantinya.

1. Periksa Status Sinkronisasi Akun

Jika beberapa layanan belum disinkronkan baru-baru ini, misalnya, jika Anda sudah lama tidak membuka aplikasi, ketuk tombol 'Sinkronkan Sekarang' di halaman.Bergantung pada versi Android Anda, opsi 'Sync Now' mungkin ada di bagian bawah menu.

2. Pastikan Back Up Foto

Jika Anda menggunakan Google Foto untuk mencadangkan foto dan video yang Anda ambil dengan ponsel Anda.Namun, ada juga banyak aplikasi pencadangan foto lainnya untuk Android, termasuk OneDrive dan Dropbox, jika menggunakannya, buka pengaturan aplikasi dan periksa status sinkronisasi saat ini.Jika Anda tidak suka menggunakan layanan backup foto, Anda juga dapat menyalin semua gambar dan video Anda ke flash drive atau komputer.

3. Cadangkan Foto / Video ke Flash Drive

Setiap produsen ponsel memiliki pengelola file yang berbeda, jadi jika Anda tidak dapat menemukannya, unduh Files by Google dari Play Store. Setelah kita membuka aplikasinya, masuk saja ke tab Browse, lalu pilih penyimpanan internal, lalu cari folder DCIM dalam daftar dan tahan di sana hingga muncul tanda centang.

4. Cadangkan Foto ke PC

Pilihan yang lebih mudah adalah menghubungkan telepon Anda ke komputer dan menyalin folder DCIM telepon Anda, karena yang Anda butuhkan hanyalah kabel USB.

5. Salin Kontak dan Kalender ke Cloud

Saat kami membuat kontak atau acara kalender, ponsel kami mungkin menyediakan opsi untuk menyimpan data di penyimpanan internal ponsel, bukan di cloud.Meskipun itu fitur yang bagus, terutama untuk yang sadar privasi, itu berarti kami mungkin telah menyimpan beberapa data penting secara lokal jika Anda tidak memperhatikan.Sebelum menghapus data seluler, kami harus memeriksa apakah ada kontak atau acara kalender kami yang tidak dicadangkan ke cloud.

Proses yang tepat untuk ini bervariasi menurut model ponsel, tetapi Anda dapat memulai dengan membuka aplikasi 'Kontak' dan mencari menu dengan semua akun kami.Dimungkinkan juga untuk menyimpan sejumlah kecil kontak di kartu SIM ponsel kita, tetapi ini bukan praktik umum lagi, jadi cukup sulit untuk melakukannya secara tidak sengaja.Proses pemeriksaan kalender yang disimpan secara lokal sebagian besar sama: buka aplikasi Kalender dan cari kalender yang tidak ditautkan ke akun mana pun. Biasanya disebut 'Telepon' atau 'Kalender saya'.

Namun, sebagian besar aplikasi kalender seluler tidak menyediakan cara yang mudah untuk mengekspor kalender. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menginstal utilitas dari Play Store. Buka, pilih kalender seluler, dan ketuk tombol Ekspor. Ini akan memberikan file kalender yang dapat Anda impor ke Google Kalender, Outlook, atau layanan cloud lainnya.

6. Hapus Akun Online dan Nonaktifkan Perlindungan Perangkat

Jika kami ingin menjual ponsel kami, atau memberikannya kepada orang lain, kami harus keluar dari semua akun dan menghapus kata sandi layar kunci.Android memperkenalkan fitur yang disebut 'Perlindungan Perangkat' pada tahun 2015, yang mengharuskan kita memasukkan Google / Samsung / dan kata sandi lain, akun yang digunakan pada perangkat, setelah dihapus.Setelah Anda selesai melakukannya, nonaktifkan kata sandi layar kunci apa pun yang mungkin kami miliki. Ini dapat dilakukan dari bagian 'Pengaturan Keamanan Aplikasi'.