Home Xiaomi Fix 4G LTE Redmi 3 / 3 Pro (Ido) | Firmware...

Fix 4G LTE Redmi 3 / 3 Pro (Ido) | Firmware Global Tanpa UBL Terbaru 2020

Saungfirmware – Download Fix 4G LTE Redmi 3 / 3 Pro (Ido) Rom Global Tanpa UBL Terbaru 2020. Redmi 3 /3 pro merupakan ponsel keluaran Xiaomi yang mempunyai kendala dalam masalah jaringan atau pilihan 4g nya tidak muncul. Hal ini diakibatkan oleh rom yang terpasang di ponsel tersebut masih abal-abal. Biasanya Redmi 3 yang hilang pilihan 4G bergaransi distributor dan belum melakukan flashing ulang. Sebenarnya Redmi 3 pro ini bisa fix 4G nya dengan berbagai cara.

Lalu mengapa Sinyal 4G Redmi 3 Pro Hilang?

Aturan TKDN
Redmi 3 / 3 Pro salah satu ponsel yang terkena imbas dengan aturan pemerintah Indonesia tentang TKDN, sehingga jaringan 4G nya dihilangkan. Bukan hanya Redmi 3 saja, namun ada juga ponsel Xiaomi yang sama persis jaringan 4G nya dikunci yaitu Redmi Note 3 Pro.

Kasus ini memang lama diperbincangkan, banyak yang sudah diskusi di group facebook juga mengenai hal ini. Sampai akhirnya ada cara untuk menyelsaikannya. Rasanya kurang lengkap jika ponsel Xiaomi yang kita beli tidak mendukung prioritas LTE. Bukan hanya lambat, mungkin di beberapa provider kartu tidak menyediakan lagi layanan data untuk jaringan 3G.

Garansi Distributor (Rom Abal-abal)
Faktor lainnya adalah pada garansi si penjualnya. Dari segi software, kebanyakan Redmi 3 / 3 Pro bergaransi distributor rom nya banyak sekali kekurangan, contohnya saja banyak iklan tiba-tiba muncul, bahkan ada yang terpasang mallware. Sebenarnya rom yang terpasang, memiliki tampilan berbahasa Indonesia, justru itu rom china dibuat seakan-akan menyerupai rom global yang dibuat oleh develovernya. Hanya saja tidak bisa update ota tiap pekannya dan belum tersedia jaringan 4G LTE.

cara fix 4g redmi 3 / 3 pro ido terbaru
Firmware Fix 4G Redmi 3 / 3 Pro Ido

Solusi Jaringan 4G LTE Redmi 3 /3 Pro (Ido) Hilang

Ada 2 solusi mengatasi sinyal 4G hilang pada Redmi Ido ini. Namun solusi kedua ini akan saya buat sesimple mungkin agar sobat mudah mengikuti langkah-langkahnya. Disini saya membagikan firmware fastboot global pastinya dan sudah memenuhi kriteria pengguna redmi 3 / 3 pro. Sebagai pengguna ponsel ini tentunya hal yang diinginkan yaitu sinyal 4G nya muncul kembali setelah melakukan update rom. Berikut cara untuk memperbaiki sinyal fix 4G Fix 4G LTE Redmi 3 / 3 Pro (Ido):
1. Root dan Memasang TWRP + File Fix 4G LTE
Cara pertama sudah saya bahas di artikel sebelumnya namun agak sedikit ribet karena harus melakukan unlock bootloader, menginstal twrp, super user dan file fix 4G nya. Cara ini harus benar-benar teliti jika tidak, Redmi 3 Pro sobat akan mengalami hang logo atau bootlop.

Tambahan:
Jika berhasil melakukan cara ini, ada bonus yaitu ponsel bisa di root dan terpasang superuser

2. Firmware Fastboot
Untuk solusi kedua ini kalian cukup melakukan flashing firmware yang di modif supaya pilihan 4G nya muncul. Jadi tidak perlu melakukan ubl dan pasang twrp untuk menginstal fix 4G nya. Berikut spek dari firmware global ini:

  • Bahasa Indonesia 
  • Versi Android lollipop 5.1.1
  • MIUI Global 7.2 | Stabil 72.7.0.0(LHPCNDB)
  • Pilihan jaringan Prioritas LTE, Prioritas 3G, 2G saja (hemat baterai)
  • No Root (belum terpasang superuser)
  • Imei baseband aman

Download Fix 4G LTE Redmi 3 / 3 Pro (Ido) Firmware Global Tanpa UBL

Firmware fix 4G yang bisa kalian gunakan langsung tanpa harus unlock bootloader dan memasang twrp lagi. Tanpa basa-basi lagi siapkan dulu bahannya di bawah ini:

Lanjut ke langkah fix 4G berikut:
  • Pastikan sudah terpasang driver qualcomm, karena pada proses ini ponsel redmi 3 pro akan dalam posisi edl mode 9008 untuk flashingnya.
  • Instal miflashnya lalu buka.
  • Ekstrak firmware fix 4G nya dan taruh foldernya di dekstop (jangan di dalam folder lagi untuk menghindari error pada saat flashing nanti)/
  • Sambungkan ke pc Redmi 3 / 3 Pro dengan cara menekan tombol Volume atas dan bawah secara bersamaan lalu hubungkan kabel usb. Seharusnya sudah terbaca driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008
  • Klik Browse lalu arahkan ke folder firmwarenya dan pilih.
  • Jangan lupa pilih Flash All dan klik refresh untuk memastikan driver sudah terbaca di PC. Kurang lebih tampilannya seperti ini:
    flash firmware fix 4g redmi 3 / 3 ido
  • Terakhir klik Flash untuk memulai flashing firmware fix 4G redmi 3 / 3 pro ido.
  • Tunggu sampai prosesnya selesa.
  • Cabut kabel dan nyalakan redmi 3 / 3 pro. Proses loading tidak akan lama karena masih berbasis miui 7, jadi pemuatan aplikasinya hanya sedikit.
  • Selesaikan konfigurasinya dan coba test kartu kesayangan.
  • Selamat redmi 3 / 3 Pro kalian sudah memiliki sinyal 4G.

Catatan:
Jangan pernah mengupdate rom nya ke versi miui 8, 9 ataupun 10, karena akan mengakibatkan sinyal 4G nya hilang lagi. Jika sudah terlanjur, kalian bisa flashing ulang lagi menggunakan firmware yang saya bagikan ini.

Sekian tutorial tentang Download Fix 4G LTE Redmi 3 / 3 Pro (Ido) Firmware Global Tanpa UBL Terbaru 2020 semoga bisa membantu kalian dalam menyelesaikan masalah jaringan 4G yang hilang. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat. Jika ada kekurangan atau kurang dimengerti bisa tinggalkan pertanyaannya di kolom komentar. Saya menunggu!