Mengatasi LCD Blank Hitam Vivo Y31 Setelah Flash Tested

Cara flash vivo Y31 fix blank lcd atau bergaris tested dengan spflashtool
Mengatasi blank hitam vivo y31 setelah flashing tested. Hal terburuk yang pernah saya alami ketika melakukan perbaikan hape y31 hang logo menjadi getar. Awal mula user (teknisi juga) membawa vivo y31 dalam keadaan bootlop. Sebelumnya saya belum pernah mengerjakan ponsel y31 dan firmwarenya pun belum ada di PC.

Baca juga: Cara Flash Firmware Vivo Y69 (1714) Fix Error Spflashtool Tested 100%

Dengan santai saya mengunduh file yang belum tested, dengan speed download seadanya akhirnya firmware y31 bisa didapat. Untuk berjaga-jaga ponsel agar tetap normal, pada spflashtool hanya mencentang partisi system, cache dan userdatanya saja. Sepertinya spflashtool tidak bisa diajak kompromi, malah muncul notif  "PMT changed for the ROM; it must be downloaded". Mungkin sobat sudah tau ya apa arti notifikasi tersebut? Ya, kita disarankkan untuk memilih Firmware Upgrade atau format-download untuk flashingnya. Tidak basa-basi saya langsung mengikuti perintah toolnya dan flashing pun berjalan lancar. Entah hari apes saya atau usernya yang rewel, vivo y31 menjadi blank hitam begitu saya nyalakan.

Penyebab utama vivo y31 menjadi blank hitam setelah flashing adalah partisi boot.img, logo, dan uboot dari file yang kita unduh tidak cocok dengan versi firmware hapenya. Sebaiknya sebelum melakukan flash kita harus read info untuk mengetahui versi firmware berapa pada hape tersebut. Tool nya kita bisa memakai miracle crak atau ufi box. Untuk dongle, saya merekomendasikan untuk memakai infinix.

Vivo Y31 LCD Fix Firmware

Tidak sampai disitu, saya mencoba mencari info di grup facebook seperti biasa. Ternyata solusinya adalah ada di versi firmwarenya. Bagi yang mencoba upgrade ulang menggunakan sdcard hal itu tidak akan bisa mengubah apapun. Karena dari pengalaman saya belum pernah melakukan flashing ulang vivo tipe apapun dengan kartu memori.

Perlu diingatkan lagi, kasus yang saya alami adalah lcd blank bukan bergaris. Jadi disini saya menggunakan file firmware versi PD1505BW_EX_A_1.11.2_vivo_y31_mtk_ALPS.L1.MP6.V2_MT6580 yang saya dapatkan di situs vnrom dan akhirnya vivo y31 bisa bangkit kembali. Untuk bahannya kalian bisa dapatkan disini:

Firmware Vivo Y31 Fix LCD Blank Hitam | Size: 1.3 GB | Google Drive 
SP_Flash_Tool_v5.1632_Win.zip | Size: 44 MB | Google Drive

Cara flash:
  • Ekstak semua bahann di atas jika sudah disiapkan.
  • Bagi yang belum menginstal driver mediatek, bisa mengunduhnya disini. Jangan lupa untuk disable signature untuk windows 64 bit, agar driver bisa terinstal dengan sepenuhnya.
  • Buka spflashtool, lalu masukan scatter MT6580_Android_scatter yang terdapat di folder firmwarenya.
  • Pilih Upgrade Firmware lalu klik Download.
  • Matikan vivo y31, cabut pasang batre bila perlu, tekan tombol boot (volume atas dan bawah) lalu sambungkan ke PC.
  • Tunggu sampai drivernya terbaca di spflashtool, biasanya bar bawah bewarna merah lalu menjadi kuning, kemudian lepaskan tombol volume dan tunggu sampai flashingnya selesai.
  • Setelah bar bewarna hijau dan muncul notifikasi download OK, maka flashing sudah selesai.
  • Cabut kabel usb, lalu nyalakan vivo y31 sobat, seharusnya sudah normal kembali.
  • Done.
Itulah cara Mengatasi LCD Blank Hitam Vivo Y31 Setelah Flash. Semoga bisa bermanfaat dan membantu sobat menyelesaikan pekerjaannya. Jika masih ada kekurangan atau ada hal yang ingin ditanyakan bisa meninggalkan pertanyaan dan keluhannya di kolom komentar. 

PERHATIAN!!!

Semua artikel di blog ini saya tulis sendiri dengan refrensi dari berbagai sumber termasuk foto dan semua file tidak berpassword alias "GRATIS". Dilarang keras untuk copy paste tanpa mencantumkan sumbernya. Untuk support blog ini agar terus memberikan tutorial lainnya bisa donasi melalui PayPal atau Pulsa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel