Cara Flash Oppo Neo R831 dengan Spflashtool Tested

Download firmware Oppo Neo R831 - Pada artikel ini kalian akan di pandu cara flash Oppo Neo R831 menggunakan spflashtool. Hampir semua tipe oppo pernah pasti pernah mengalami masalah seperti hang logo, terkunci pola, aplikasi sering error dan muncul notifikasi "sayangnya aplikasi telah berhenti atau sebagainya yang menyangkut software. Hal ini menjadikan kita resah dan ponsel tidak bisa digunakan dengan maksimal. Untuk itu solusinya adalah dengan flashing ulang dengan firmware official yang akan saya bagikan ini.

Baca juga: Firmware Unbrick Oppo R5 R8106 Usb 9008 to 9006

Hard reset Oppo Neo

Langkah awal bagi yang mengalami lupa pola sebaiknya factory reset melalui recovery, caranya:
  • Matikan ponsel, cabut pasang batre bila perlu untuk memastikan ponsel benar-benar mati.
  • Tekan tombol volume bawah dan power (lihat di bagian pojok bawah kiri ada tulisan recovery mode, berarti ponsel akan masuk recovery).
  • Pilih bahasa Inggris (English) > Wipe data > pilih yes > lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
Firmware Spflashtool Oppo Neo R831 Tested

Firmware OTA dan Scatter Oppo Neo R831

Nah, perlu kalian ketahui jika oppo neo kalian mengalami bootlop, untuk mengetahui memori internal (emmc) masih dalam kondisi bagus atau sudah rusak, lakukanlah wipe data seperti di atas. Jika selesai wiping data keluar notifikasi "wipe succes" artinya emmc masih layak pakai dan masih bisa di flashing ulang. Namun jika "wipe failed" besar kemungkinan emmc nya sudah rusak, ya memang pasti tidak layak pakai lagi jika muncul notifikasi tersebut. Solusinya kalian harus mengganti ic internalnya.

Seperti itu ya teman-teman. Untuk menghindari risiko mati total jika ponsel masih hidup dengan keadaan hang logo, kalian bisa menggunakan file update ota dan lakukan flash melalui recovery. Berikut bahannya:

R831_11.A.10_OTA_INT_010_all_140828.zip
  • Pindahkan firmware ota di atas ke dalam kartu memori lalu masukan ke ponsel.
  • Masuk recovery seperti biasa lalu pilih instal zip > pilih external memori > lalu instal pembaharuannya.
  • Tunggu sampai proses update selesai.
  • Reboot.
Untuk yang bisa di wipe kita lanjut untuk flash ulang dengan firmware spflashtoolnya. Beda dengan update ota tadi, kalian harus menggunakan pc dan kabel data untuk proses flashing. Pertama siapkan dulu bahannya:
Cara flashing :
  • Ekstrak semua bahan di atas, pindahkan k dalam satu folder agar tidak susah lagi mencarinya.
  • Buka Spflashtool v5, klik scatter-loading lalu pilih file "MT6572_Android_scatter_emmc", centang semua partisi agar tidak terjadi error. Klik download.
    Spflashtool Oppo neo r831
  • Matikan ponsel, tekan tombol boot "volume atas dan bawah" lalu sambungkan ke PC.
  • Pastikan terhubung dan terbaca di spflashtool ditandai dengan bar bewarna merah.
  • Lihat, bar spflashtool berubah kuning maka proses flashing sedang berjalan dan tunggu sampai selesai.
  • Jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi download ok.
  • Cabut kabel dan hidupkan ponsel oppo neo kalian.
  • Selesai.
Sekian tutorial "Cara Flash Oppo Neo R831 dengan Spflashtool Tested". Untuk menghindari masalah hang logo atau hal yang terburuk adalah kerusakan memori internal yaitu jangan pernah menyimpan data terlalu banyak di internal. Nonaktifkan pembaharuan aplikasi otomatis di playstore dan pindahkan semua data pribadi seperti foto dan video ke dalam kartu memori.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat dan jika ada keluhan atau pertanyaan, tinggalkan di kolom komentar, secepatnya akan saya balas.

Baca juga: Mengatasi Oppo A37F Getar Only Setelah Flash Gratis

PERHATIAN!!!

Semua artikel di blog ini saya tulis sendiri dengan refrensi dari berbagai sumber termasuk foto dan semua file tidak berpassword alias "GRATIS". Dilarang keras untuk copy paste tanpa mencantumkan sumbernya. Untuk support blog ini agar terus memberikan tutorial lainnya bisa donasi melalui PayPal atau Pulsa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel