[UPDATE] Fix Stuck Recovery Redmi 5A Riva MCT3B Gratis

Saungfirmware - Cara flash xiomi redmi 5a yang mengalami stuck recovery kode MCT3B. Xiaomi tipe terbaru sering sekali mengalami kejadian seperti ini. Pasalnya rom bawaan dari pabrikannya itu belum unlock bootloader. Apalagi jika rom xiaomi kalian distributor.

Baca juga: Mengatasi Stuck Recovery Redmi 5 Plus Vince Tested Terbaru

Contohnya redmi 5a kalian masih di rom china stable, tiba-tiba berpikiran untuk mengupdatenya ke global stable karena ada fitur bahasa indonesianya dan gak mau ketinggalan dengan teman kalian yang suka oprek. Pasalnya banyak sekali kekurangan dari firmware distributor ini, sering muncul iklan pop-up, notifikasi iklan yang berkonten pornografilah, terkadang juga ada aplikasi yang secara otomatis menginstal sendiri, horor bukan? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak penjelasannya.
Cara Update ke Rom Global Redmi 5A Riva

Cara Update ke Rom Global Redmi 5A Riva

Seminggu yang lalu, saya menemui kasus redmi 5a yang terkunci pola. Karena tidak mau pusing lagi, saya langsung mengahajarnya dengan flashing ke miui 9 global menggunakan file stuck recovery yang biasa saya pakai menggunakan ufi box. Proses flashing berjalan lancar dan tidak menemui error. Begitu saya cabut kabel us dari ponsel dan mulai menekan tombol power, redmi 5a tidak merespon alias mati total.

Baca juga:  Redmi Note 3 MTK Matot Setelah Flash

Untungnya ponsel masih bisa terbaca di komputer usb 9008. Langkah selanjutnya saya flash lagi dengan firmware global biasa. Berjalan mulus, begitu selesai saya langsung nyalakan hapenya. Pertama sempat loading tapi beberapa saat kemudian ponsel restart dan langsung masuk mode recovery.

Istirahat sejenak, saya coba nyelam dulu ke grup teknisi ponsel di facebook dan menemukan post yang sama persis apa yang sedang saya alami saat itu. Ternyata, redmi 5A ini ada 2 tipe kode yaitu:
  • MCE3B
    Ciri-ciri tipe ini mempunyai lubang slot sim nya 1. Untuk kasus sama pada tipe ini sudah saya bahas sebelumnya, bisa kalian cek disini
  • MCT3B
    Sedangkan tipe ini mempunya lubang slot sim 2. Kalian juga bisa melihat tipenya di stiker tutup belakangnya jika masih ada. Nah, untuk itu saya membahas tentang redmi 5a tipe MCT3B yang mengalami mode recovery setelah flash.
Intinya jika kalian ingin update rom entah itu melalui ota atau miflash, harus  dalam keadaan "Unlock Bootloader", jika tidak ingin hal buruk ini terjadi. Bagi yang sudah terlanjur stuck recovery, kalian bisa mengikuti tutorial ini, file tidak berpassword, namun bagi sobat yang rendah hati saya tidak melarang untuk berdonasi.

Mengatasi Stuck Recovery Redmi 5A Riva

Syarat sebelum melakukan flashing menggunakan file yang saya bagikan ini harus mempunyai ufi box. Tapi bagi yang belum mempunyai box ini kalian bisa gunakan QFIL untuk flashingnya. Karena firmware ini backupan dari ponsel yang normal dan sudah unlock bootloader, jadi tidak bisa flashing dengan miflash. Ya, bisa terbilang rom global ini unofficial.
 REDMI_5A_RIVA_MCT3B_STUCK_RECOVERY_UFI.7z
Langkah-langkah:
  • Buka ufi android toolbox dan pilih tab qualcomm.
  • Ubah platfromnya jadi qualcomm.
  • Centang FireHose.
  • Drag dan masukan file prog_emmc_firehose_8917_ddr.mbn di bagian firehose, jangan lupa  rawprogram0.xml dan patch0.xml sesuai namanya.
  • Selanjutnya sambungkan ponsel dengan posisi edl mode 9008. Untuk test pointnya bisa lihat:
  • Terakhir klik Flash dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah beres, cabut dan nyalakan.
  • Selamat kini xiaomi ponsel redmi 5a sobat normal kembali.
Tambahan: jika tetap tidak mau nyala dan kedip led putih, tekan tombol on/off terus selama 1 menit.

Itulah cara mengatasi stuck recovery redmi 5a menggunakan ufi box. Semoga bisa membantu meringankan pekerjaan sobat. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat. Masih ada kekurangan dalam tutorial ini? silakan berikan pertanyaan sobat di kolom komentar, secepatnya akan saya balas.

PERHATIAN!!!

Semua artikel di blog ini saya tulis sendiri dengan refrensi dari berbagai sumber termasuk foto dan semua file tidak berpassword alias "GRATIS". Dilarang keras untuk copy paste tanpa mencantumkan sumbernya. Untuk support blog ini agar terus memberikan tutorial lainnya bisa donasi melalui PayPal atau Pulsa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel