Mengatasi Imei dan Baseband Null Lenovo A6000 Lengkap

Cara mengatasi imei dan baseband null Lenovo A6000. Sering kali kasus imei dan baseband null ini terjadi pada lenovo A6000. Ada juga imei dua yang hilang , jadi hanya satu imei saja yang masih ada. Hal ini mengakibatkan ponsel kalian tidak bisa membaca kartu provider dan sinyal tidak ada jaringan.

Baca juga: Firmware Lenovo A369i ROW S201 Tested

Banyak yang membagikan solusi imei null lenovo a6000 tanpa pc itu "hoax". Pasalnya, kalian tidak dapat memperbaiki imei tanpa tool repair yang khusus dan file qcn nya.
Qcn adalah sebuah file partisi yang bersangkutan dengan imei, baseband dan sinyal smartphone yang berchipset qualcomm
Qcn adalah sebuah file partisi yang bersangkutan dengan imei, baseband dan sinyal smartphone yang berchipset qualcomm. Biasanya para teman-teman teknisi menggunakannya setelah mengganti ic emmc (memori internal). File ini berperan sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah ponsel, karena akan percuma jika hape kalian normal tapi tidak ada jaringan. Disini saya akan menjelaskan penyebab imei dan baseband null dan cara mengatasinya secara lengkap.

Penyebab sinyal hilang

Salah satu penyebab sinyal hilang karena imei null menurut saya pribadi adalah karena kalian tidak sengaja mengupgrade rom secara otomatis yang ada di ponsel. Karena pada saat ponsel konek ke jaringan wifi maka notifikasi pembaharuan itu muncul dan kalian langsung mendownloadnya. Sebenarnya rom tersebut masih banyak sekali kekurangan atau sering kita sebut dengan bug. Contohnya saja imei dan baseband menjadi null. Biasanya untuk menghilangkan bug tersebut kalian harus menunggu updatean selanjutnya dan itu harus menunggu beberapa hari bahkan minggu untuk bisa mengunduh kembali fix rom yang terbarunya.

Baca juga: [SOLVED] Download NV Advan I5C Lite Spreadtrum Fix Sinyal Hilang

Tips untuk menghindari bug adalah mengupgrade system operasi lenovo a6000 menggunakan file firmware officialnya, jangan lupa untuk meyesuaikan file sesuai dengan kapasitas memori internalnya. Karena file lenovo a6000 ini ada 2 varian tipe yaitu firmware yang 8GB dan 16 GB. Misalnya lenovo a6000 sobat berkapasitas 16GB, lalu kalian flashing menggunakan file 8GB, maka setelah flash memori internal akan terbaca 8GB. Sampai disini penjelasan tentang penyebab sinyal hilang lenovo a6000. Dari beberapa point di atas intinya penyebab utama imei null adalah karena upgrade otomatis pembaharuan di ponsel.

Cara Mengatasi Imei dan Baseband Null 

Langkah pertama jika kalian mengalami imei yang hilang satu atau baseband null adalah melakukan flashing ulang dengan pc. Berikut bahan dan tool nya, terimakasih untuk berbagikoleksi untuk share firmwarenya.
Langkah-langkah:
  • Ekstrak semua bahan di atas lalu instal QPST nya.
  • Kemudian buka tool QFIL yang berada di C:\Program Files (x86)\Qualcomm\QPST\bin\QFIL untuk windows 32 bit buka di C:\Program Files\Qualcomm\QPST\bin\QFIL.
  • Klik Flat build, pilih browse lalu masukan file prog_emmc_firehose_8916.mbn.
  • Lalu Load XML, pilih rawprogram_unsparse.xml dan patch0.xml.
    Matikan ponsel, cabut pasang batre lalu tekan tombol volume atas dan bawah lalu sambungkan ke PC, pastikan ponsel sudah terhubung dan terbaca driver 9008 di QFIL.
  • Matikan ponsel, cabut pasang batre lalu tekan tombol volume atas dan bawah lalu sambungkan ke PC, pastikan ponsel sudah terhubung dan terbaca driver 9008 di QFIL.
  • Terakhir klik Download untuk memulai flashing.
  • Prosesnya tidak lama hanya beberapa menit saja, jika sudah akan ditandai notifikasi download succes. Jangan lupa cabut pasang batre lagi lalu nyalakan kembali ponsel sobat.
Kemudian cek kembali apakah imei sudah muncul atau tetap sama. Menurut pengalaman pribadi jika ponsel a6000 yang hilang imei satu akan muncul lagi setelah flashing begitu juga yang baseband unknown. Jika tidak ada perubahan kita lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu mengembalikan imei dengan cara root dan write QCN. Siapkan dulu bahannya:
Langkah repair:
  • Unduh dan pasang kingoroot di PC sobat dan buka. Pastikan pc sobat terhubung ke internet.
  • Aktifkan usb debugging pada ponsel lenovo a6000, dengan cara buka setelan/pengaturan > pilih tentang ponsel > klik sebanyak 7 kali di nomor bentukan sampai muncul notifikasi "tidak perlu, anda sudah jadi pengembang" > kembali, pilih opsi pengembang dan aktifkan usb debuggingnya lalu sambungkan ke PC.
  • Jika ada notifikasi muncul, centang lalu OK.
  • Sekarang tinggal pilih ROOT dan tunggu sampai selesai
    Jika sudah selesai root maka seperti ini:
  • Jika sudah selesai root maka seperti ini:
    Sekarang buka "Miracle Box_Cracked 2.58"
  • Posisi ponsel masih terhubung ke pc, sekarang buka "Miracle Box_Cracked 2.58"
    Pilih Home > ADB > Enable Diag (Qualcomm) > lalu klik start.
  • Pilih Home > ADB > Enable Diag (Qualcomm) > lalu klik start.
  • Untuk memastikan diag modenya aktif kalian cek di device manager.
    C:\Program Files (x86)\Qualcomm\QPST\bin
  • Buka aplikasi "Download" yang berada di folder C:\Program Files. (x86)\Qualcomm\QPST\bin\Download
  • Pilih tab "Restore", pilih browse > All File dan masukan file qcn tadi.
  • Terakhir klik start untuk restore qcn nya.
  • Secara otomatis lenovo a6000 sobat akan reboot.
  • Cek imei *#06# dan lihat hasilnya.
  • Untuk memastikan berhasil, pasang kartu provider kalian.
Itulah cara repair imei lenovo tanpa box. Bagi pengguna UFI box akan lebih mudah untuk mengerjakannya. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini jika bermanfaat. Jika masih ada kekurangan pada artikel ini dan ada yang ingin ditanyakan, bisa meninggalkan pertanyaannya di kolom komentar, secepatnya akan saya balas jika sempat.

PERHATIAN!!!

Semua artikel di blog ini saya tulis sendiri dengan refrensi dari berbagai sumber termasuk foto dan semua file tidak berpassword alias "GRATIS". Dilarang keras untuk copy paste tanpa mencantumkan sumbernya. Untuk support blog ini agar terus memberikan tutorial lainnya bisa donasi melalui PayPal atau Pulsa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel