[SOLVED] Fix Touch Samsung J7 Core SM-J701F after Update 8.0

Solusi cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi Samsung J7 Pro/Nxt SM-J701F setelah update Os android oreo 8.0. How to fix j701f touchscreen not working after update? Samsung kini telah hadir dengan perangkat lunak yang baru yaitu android oreo 8.1. Ponsel yang pertama yang mendapatkan pembaharuan ini adalah Samsung J2 Core, Tab S4, Galaxy Tab A 10.5, dan Galaxy Note 9.

Sistem android 8.1 ini juga diluncurkan pada Samsung J7 Next dan J7 Core. Beberapa fitur menarik pun ditambahakan pada sistem android ini, diantaranya:
  • Perubahan pada pengaturan lencana ikon aplikasi.
  • Akses lebih cepat ke fitur menyemat dan menunda notifikasi.
  • Akses lebih cepat ke notifikasi aplikasi yang disukai.
  • Tampilan keyboard dengan fitur tambahan yang baru.
  • Fitur Sembunyikan Album ditambahkan ke Galeri.
  • Smart View, anda bisa menonaktifkan layar perangkat seluler Anda ketika terhubung ke TV (melalui Smart View).

Pada Samsung J7 Core dan Nxt (SM-J701F) ada beberapa masalah yang didapatkan setelah mendapatkan updatean ini. Salah satunya yaitu touchscreen menjadi error atau tidak bisa di operasikan. Sebagian orang yang awam berspekulasi untuk mengganti layar sentuhnya itu, namun jangan harap untuk bisa normal kembali, karena penyebab utamanya masih ke software.

Mungkin masih ada beberapa bug pada pembaharuan ini jika langsung mengupdatenya lewat ponsel. Untuk jaga-jaga, sebaiknya sobat melakukan update softwarenya menggunakan PC dan dengan firmware yang officialnya. Untuk versi oreo samsung J7 core/nxt sekarang telah rilis, sobat bisa cek disini
[SOLVED] Fix Touch Samsung J7 Core SM-J701F Setelah Update 8.0

Mengatasi Touchscreen Samsung J701F Setelah update Oreo 8.1

Untuk yang mendapatkan pembaharuan perangkat lunak langsung dari ponsel, maka sobat harus mengitkuti tutorial ini, dengan syarat ponsel masih masuk menu dengan keadaan touch tidak jalan, unutk nantinya mengaktifkan oem unlock menggunakan mouse otg.

Terkecuali jika ponsel sudah terlanjur di reset ulang dan posisi ponsel di menu konfigurasi dan terkunci akun gmail (FRP), sobat bisa melihat tutorialnya disini

Sebelum pengerjaan sobat harus sobat siapkan Otg to mouse seperti ini:
OTG to mouse

Bahan Fix:

Cara Mengaktifkan Oem unlock dan Fix Touch

Sebelum flash fix touch, pastikan oem unlock sudah aktif. Karena jika sobat langsung flashing, maka akan error dan softbrick. Berikut caranya:
  • Sambungkan Otg mouse ke ponsel. Disini saya menggunakan mouse wireless, tapi bisa juga mouse kabel.
  • Cari dan buka pengaturan, pilih tentang ponsel > klik sebanyak 7 kali pada "nomor bentukan" sampai notifikasi mode debug aktif.
  • Kembali dan pilih Opsi Pengembang dan aktifkan OEM unlock.
  • Selanjutnya posisikan ponsel ke dalam download mode dan sambungkan ke PC.
  • Buka Odin tool 3.13.1, pada tab AP, pilih file J701f_touch solution.tar (tanpa di ekstrak) 
  • Klik START untuk mulai flashing dan tunggu sampai selesai.
NB: Setelah flash besar kemungkinan ponsel akan mengalami bootlop, lakukan wipe data di mode recovery dan reboot
Itulah cara "Fix Touch Samsung J7 Core SM-J701F Setelah Update 8.0", jangan lupa tinggalkan pertanyaannya di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan seputar tutorial ini. Kerusakan hardware belum tentu dari hardware, begitu pula sebaliknya. Intinya harus tau kondisi awal penyebab ponsel itu rusak.

PERHATIAN!!!

Semua artikel di blog ini saya tulis sendiri dengan refrensi dari berbagai sumber termasuk foto dan semua file tidak berpassword alias "GRATIS". Dilarang keras untuk copy paste tanpa mencantumkan sumbernya. Untuk support blog ini agar terus memberikan tutorial lainnya bisa donasi melalui PayPal atau Pulsa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel